Wednesday, June 3, 2020

[Cambodia] Wat Phnom

Wat Phnom, Phnom Penh, Cambodia

Ini satu satunya bukit yang terletak di kota Phnom Penh. Di pintu utama dijaga oleh patung singa dan naga (ular), nanti kujelaskan terpisah arti dari singa dan naga tersebut. Yang pasti, singa dan naga tersebut terletak hampir di seluruh bangunan bersejarah di Kamboja. WOW!
Biaya masuk ke Wat Phnom gratis untuk warga domestik, dan 1USD untuk warga asing. Sebenernya 1USD diperuntukan untuk biaya kebersihan dan perawatan objek wisata. Lalu, ga ada yang ngecek kita uda beli tiket atau belum.. hahaha.. jd tinggal pakai hati kalian, mau ikutan bayar untuk kebersihan objek wisata atau tidak.. #eaaa 
Di dalamnya ada apa?
Penasaran? Pergi aja sendiri. Lah hahahaha.. ga deng..
Jadi di dalamnya banyak tempat doa. 
Katanya, banyak warga Kamboja yang datang ke sini kalo anaknya mau ujian sekolah, mau buka usaha baru, apapun itu permintaannya.. kalau ternyata permintaannya terwujud, mereka akan balik lagi ngasih bunga, atau pisang..
Kenapa pisang? Karna di temple ini lumayan banyak kera berkeliaran..
Di depan temple banyak yg jualan bunga juga.. dan juga ada yg jualan burung..
Burung ini fungsinya untuk dilepas.. sama kaya kepercayaan dimana melepas burung itu seperti membebaskan burung dari sangkar dan melambangkan saling mengasihi.. ulala.. biasanya di agama Budha ya diajarkan begini..
Tapi denger denger, abis burungnya kita beli dan dilepas, biasanya tu burung balik lagi ke penjualnya hahahhahaa.. trus penjualnya jualin lagi.. cuan bener.. gua jualin burung juga nih lama lama wkakaka!

Lalu ada jam super besar di samping temple utama.. sejujurnya ga tau fungsinya apa, tapi lucu aja buat foto foto haha..
Oiyaaaa lupa cerita,
Grab di cambodia itu ada pilihan khusus GRABtuktuk.. tuk tuk di cambodia ada yang gede ada yg kecil.. yang gede kaya delman, tapi ditariknya pakai motor. Yang kecil kaya bajai.. dan di depan Wat Phnom, banyak bener tuk tuk yang mangkal.. yuhuuu naik tuk tuk mata ga bisa buka sempurna.. pedes kena angin... 🤣🤣🤣

No comments:

Post a Comment