Friday, June 12, 2020

[Cambodia] Koh Ker Temple / Thom Temple

Super excited banget untuk ke sini.. karena ketika liat di google, yaampun kaya peninggalan maya kuno.. kaya di film doraemon dan legenda raja matahari! suku maya gitu.. WOOOWWW!

Perjalanan ke sini terasa ga terlalu jauh.. 
temple utama itu terletak super jauh dari pintu masuk.. 
pas masuk, LOH MANA BANGUNANNYA..
ternyata harus menelusuri banyak temple temple kecil di sekitaran temple utama.. 
jadi waktunya banyak habis untuk foto-foto di temple yang kecil-kecil.. 
beneran buanyak banget temple kecil-kecilnya.. dari yang awalnya excited mau foto semua temple kecil2nya, sampai uda akhir akhir, udah ah cape.. lewat.. foto templenya dari mobil aja, ga usah turun.. hahhaha.. 
Koh Ker ini ternyata sempat menjadi pusat kota yang sibuk banget. Jadi temple temple kecil yang sebagian besar uda runtuh itu sebenernya bangunan rumah untuk lebih dari 10.000 penduduk.

Bangunan Koh Ker sendiri terletak rada dalam, jadi harus melewati satu halaman dulu, baru bisa ke bangunan utama.. aku cuma bisa WOW! senang! hahaha..
Bangunan ini terdiri dari tangga-tangga piramid, dan bisa naik ke tingkat paling atas. Akan tetapi karena sudah lama, bangunan tangganya sudah beberapa rusak dan tertutup lumut. Pihak Koh ker uda membuat tangga kayu di samping, jadi pengunjung bisa naik ke tingkat paling atas.. tangganya curammmm dan serem bener.. mendingan pegangan pas naik, dan turunnya satu satu.. hahaha 
Tingkat paling atas dari Koh Ker bisa terlihat betapa gersangnya hutan Siem Reap karena lagi musim kemarau.. katanya kalo lagi musim hujan, semuanya hijau cerah.. wahhh! Bangunan paling tinggi juga dipercaya untuk menghormati dewa Hindu, Siwa. 

Aku sih rekomen kalian untuk ke sini, karena unik! 
gw belom pernah nemu bangunan kaya gini di tempat lain.. 
aaaa bahagia!

No comments:

Post a Comment