Monday, June 22, 2020

[Cambodia] Angkor Wat

Akhirnyaaaa.. ceritain angkor wat juga..

Angkor wat ini paling terkenal se-kamboja deh kayanya.. bahkan mungkin se-dunia deh.. semua orang yang tau kamboja, kebanyakan taunya angkor wat..

Angkor wat ini ada di kawasan Angkor.. nah bingung ga sih haha.. jadi kawasan Angkor itu guede buanget.. di dalam kawasan Angkor banyak candi-candi, termasuk Bayon, Ta Prohm, dan Angkor Wat ini.. jadi single pass (37USD), bisa dipakai untuk ke semua ini, bukan hanya ke Angkor Wat aja ya..

Berbeda banget sama temple-temple lainnya yang dari kemarin di datengin.. di Angkor Wat hampir gak nemu puing puing batu reruntuhan.. semuanya cakep berdiri tegak, dan juga strukturnya masih bagus bagus semua! WOW! Terlihat banget perbedaan perawatannya.. mungkin karena Angkor Wat juga dijadikan simbol bendera Kamboja.. sehingga merawat temple ini is a must!

Angkor wat ini merupakan the largest religious monument in the world! Kalo di Indo, semacam Borobudur gitu.. total luasnya 162.6 hektar! atau 1,6juta meter persegi.. ajegileee lu bayangin deh itu seluas apa hahha..

Angkor wat ini awalnya dibangun sesuai dengan agama Hindu, untuk dewa Wisnu (Kerajaan Khmer). Akan tetapi pada abad 12 akhir, diubah menjadi aliran Budha. Sehingga liat bangunannya sih katanya ada unsur Budha dan Hindu menjadi satu.

Angkor wat ini dikelilingi danau guede, jadi pas mau ke temple utama harus melewati jembatan puanjangggg.. dan jembatannya ini cukup membal ya.. jadi bisa loncat-loncatan.. tapi orang di pojokan bisa ikut kepental pental juga.. haha..

Menariknya, di dalam Angkor Wat banyak relief yang masih tergambar dengan sangat bagus.. asiknya lagi, banyak bule yang nyewa tour guide, jadi aku tinggal ikut dengerin aja hahahaha.. ada relief yang bilang ga boleh berbohong, kalau berbohong nanti dihukum.. ya sebenernya bagus-bagus aja sih artinya wkwkwk..

gue pun sempet kepo, gimana cara ngebangun temple-temple di angkor wat.. dan ternyata warga kamboja pakai batu dari gunung kulen, lalu dialirkan menggunakan air.. dan surprisingly gw pernah ke gunung kulen, ituloh yang air terjunnya akhirnya ada airnya haha.. pantes disitu banyak peninggalan bersejarah juga.. WOW!

No comments:

Post a Comment