Monday, December 4, 2017

[Vietnam] Day 3 - Da Nang

Yey akhirnya hari ketiga!! hahahhaha
buat yang belom baca hari pertama (Day 1 - Ha Noi), sama hari kedua (Day 2 - Ha Long Bay)

hari ketiga, hari yang WAH!
Bermula dari subuh-subuh jam empat jalan dari Hotel ke Airport.
Sebenernya mau pake uber aja atau grab, ternyata gak ada yang ambil orderan gue di jam segitu. pas mau stop taksi, semuanya minta 100k VND!! mereka tau itu pagi hari, dan kita butuh.. jadi semua taksi mahalin fare-nya! tapi itu sama sekali gak masuk akal untuk jarak yang super deket. akhirnya mutusin buat jalan ke Airport!
FYI, selama perjalanan, ada trotoar khusus yang emang tempat buat jalan kaki gitu.. jadi nyaman banget..
gak pake lama, sekitar 20 menit, uda sampe ke airport!!

dan ternyata salah terminal! pas cek, kok ini international semua flightnya.. sedangkan kami kudu yang domestik (terminal 2).. pas cari informasi, gak ada orangnya semua (mungkin karena masih kepagian)
dan ternyata terminal domestik itu kudu jalan lagi super jauh kurang lebih 1 km lagi! sempet googling ada shuttle bus atau engga, ternyata baru beroperasi jam 6 pagi hahaha.
disitu panik banget karena uda hampir jam 5, dan kami flight jam 6 kurang (duh lupa tepatnya flight jam berapa, yang pasti mepet banget)
sempet nanya taksi lagi, tetep aja cuy mahal banget! ogah deh langsung jalan lagi..

ini foto temen gue kecapean geret koper dari terminal di belakang dia, kudu ke terminal di depan kita yang masih jauh banget hahaha

tapi semuanya super nyaman karena disediain jalan khusus pejalan kaki.. jadi enak banget! pas sampe di airportnya, langsung ke Vietjet!

baru pertama kali naik Vietjet. menurut gue, kalo airline local gini, biasanya unik-unik.. Keunikan Vietjet yang gue notice adalah seragam pramugarinya yang cuma pada pake celana.. tomboy banget kan sebagai pramugari.. terus pas gue cari di internet, katanya Vietjet pernah dapet sanksi karena pramugarinya pake bikini pas serve passengers. gila juga haha
terus waktu itu gue pernah naik Sichuan Airlines! ini airline local juga di Cina. Sichuan itu terkenal dengan sambalnya. Jadi pas makan di Sichuan Airlines, pramugarinya bakal keliling nawarin sambel Sichuan. pramugarinya bawa botol sambel sama sendok gitu.
tapi gue gak suka sama Sichuan Airlines, gue pernah ditegur buat matiin HP, padahal gue uda flight mode, dan depan gue mainan iPad, gak ditegur....... terus ditungguin di depan korsi gue sampe gue matiin HP nya, dan gue simpen di tas. omg!

Perjalanan kurang lebih 1 jam, dan sampailah di Da Nang! YEYY
oiya, banyak banget anak bocah mau liburan di Da Nang gitu.. kaya study tour gitu kali ya hahaha

gue langsung pesen Grab ke tempat makan karena laper, dan kebetulan hotel gue selanjutnya deket banget sama tempat makan ini hahahha
Harga Grabnya: 26k VND

oiya, terus ada percakapan lucu antara sopir Grab. Si sopir tau kalo kita bukan orang Vietnam, terus pakai taktik gue yang google translate, dia langsung nyapa gue pakai bahasa inggris.. terus gue tanya, di Vietnam lebih bnyak bisa mandarin atau inggris?
terus dia bilang "inggris, soalnya banyak turis... dari Cina.."
.... gimana-gimana coba ulangin.. semenjak kapan orang Cina lebih jago Ingg daripada Mandarin? hahaha

My Quang Ba Mua
Address: 95A Nguyễn Tri Phương, Chính Gián, Thanh Khê, Đà Nẵng, Vietnam
Harga: 35k VND

Sebenernya gak tau juga ini apa, tapi honestly.. semua masakan Vietnam itu pake mie, dan serius banget, RASA MIENYA SAMA SEMUA HAHAHHA
beda sih, tapi beda yang gak signifikan.. beda dikit bangetttt..
kalo di Indo kan, bedanya bisa yang satu kuah santen, kuah semur, kuah sop..
nah ini bening semua, rasanya ya 11-12 kaya soto kuning abang-abang, soto kuning rumahan, soto kuning restoran.. gak jauh beda hahaha
tapi ini masuk ke list recommended gitu.. dan ada kaya kerupuk singkong super gede.. plus sayuran seger yang selalu ada di setiap restaurant Vietnam..
bahkan pas gue mau udahan, ada rombongan satu bus gede baru pada dateng.. gue sampe mikir, "emang muat yah ini reston kedatangan satu bus?".. muat dong gais!

Setelah makan, jalan ke hotel.. ternyata jalannya cukup jauh ya hahahha
terus sampailah.. gak nyangka ternyata hotelnya super bagus!!!

Quan Quan Hotel
Address: 79 Nguyễn Hữu Thọ, Hòa Thuận Tây, Đà Nẵng, Vietnam
Harga: 158.774 IDR/malam
Pertama kali masuk dari samping, kaya abis renovasi gitu.. ternyata salah masuk pintu wkwkakka

Receptionistnya keren! terus bisa early check-in juga.. dan wow banget pas liat kamarnya!
gue kira awalnya ini kamar TWINS! ternyata ini family room dong hahahha!

Kamar mandinya juga super keren banget (kalo dibandingin sama kamar mandi di hotel-hotel sebelumnya)

Kalian kudu banget dan harus sewa motor kalo ke Da Nang! Sewanya cuma 100k VND seharian!
gue nyewa dari hotel, jadi gampang banget, pergi dan pulang bisa langsung masuk ke hotel deh..

Sebelum sewa motor, mungkin kalian bisa ilfil duluan liat sistem transportasi di Vietnam (kalo misalnya kalian ke Saigon dlu, atau ke Hanoi dulu), tapi Da Nang itu jauh berbeda dengan Saigon dan Hanoi. Da Nang itu lumayan sepi dan kecil.. naik motor sendiri jadi seru banget buat explore semuanya! Hal yang harus diperhatikan kalau berkendara motor di Da Nang:
  1. Gak usah isi bensin sampe penuh.. Isi bensin 50.000 VND aja, uda bisa keliling satu Da Nang! Naik gunung, turun gunung, keliling sungai, naik fly over, turun lagi, naik another bridge. cukup dengan 50.000 VND aja (1 liter disana sekitar 18ribu VND kalo gak salah inget) - kemarin ini gue dapet motor yang sensor bensinnya error. jadi pas pertama gue nyalain, itu jarum bensinnya beneran abis yang abis banget.. uda deg-degan banget langsung cari pom bensin. pas dibuka, ternyata bensinnya masih ada, akhirnya isi dulu 30ribu VND. terus baru sadar kok ini jarum gak naik juga, ternyata baru sadar kalo sepertinya sensor jarumnya mati! terus karena gue mau ke Son Tra Mountain, kata temen gue itu 20km, pp 40km, akhirnya gue isi lagi 20ribu VND.
  2. Kalian harus super waspada liat kanan kiri depan belakang, karena motor itu bisa tiba-tiba muncul darimana aja hahaah. Di Da Nang banyak banget yang namanya puteran, jadi puteran itu bisa muter balik, ke kanan, ke kiri, lurus, gila banget pokoknya! Setiap ketemu puteran itu, uda pasti ancur banget jalanan.. motor bisa dimana-mana tiba-tiba.. untung gue jago nyetirnya
  3. Lampu merah tidak jauh berbeda dengan lampu jalanan. Jangan terlalu banyak bergantung sama lampu lalu lintas.. bergantunglah pada klakson motor kalian. Banyak banget motor yang tetep jalan meskipun itu lampu merah!! mereka cuma bermodal klakson, supaya motor dari arah lampu hijau gak nabrak mereka.. GILA BANGET! Pastikan klakson kalian nyala pas pertama kali sewa motor!
  4. Motor di Da Nang (lebih tepatnya di Vietnam) itu jadul-jadul yang otomatis gitu.. sumpah berat banget bawanya.. tapi untungnya masih bisa naik gunung! untung lagi gue jago nyetirnya
  5. Gak perlu driving license buat sewa motor.. tambah ngeri kan hahaha
  6. Kalian bakal parkir di trotoar.. semua motor di Da Nang, parkir di trotoar. Jadi kebayang ya buat naik ke trotoar, cukup perjuangan juga nggasnya haha..
  7. Meskipun motor di Da Nang jadul-jadul, tapi cara buka joknya itu uda semodern motor keluaran tahun 2016 sini.. buka joknya dari depan.. sumpeh keras banget gak bisa gue buka sendiri. selalu panggil abang tukang parkir buat bantuin buka.. ato emang gue dodol aja gak bisa buka
Saking takutnya ini motor ilang, gue suruh temen gue buat foto platnya hahahah! tapi ternyata sejauh ini super aman! bahkan kalo naik motor itu enak banget buat berenti seenaknya di tengah jalan buat foto-foto dulu. motornya? ya taro di pinggir jalan aja haahha!

Tujuan pertama adalah
Marble Mountain
Address: 52 Huyền Trân Công Chúa, Hòa Hải, Ngũ Hành Sơn, Đà Nẵng, Vietnam

ke sini sekitar 5 km, karena ini lokasinya rada jauh ke arah Selatan. Tiba-tiba pas jalan ke sini, gerimis cukup gede, tapi tetep mau dihajar aja dan masih berharap berhenti. hahah. Nah inilah permulaan dari muka dan kulit terbakar yang sesungguhnya.
pas di Hanoi, meskipun hari pertama super panas, tapi gue sangat rajin untuk mengaplikasikan sunblock. Nah, di Da Nang, uda tau juga kalo di sini bakal super panas. TAPI ETAPI! pas itu kan ujan mendung gitu.. dan cuacanya gitu, ujan engga ujan engga! terus sekalinya panas eh panas bangeeeeeet. Akhirnya lupa pake sunblock dan muka kebakar semua omg hahaha

Marble mountain ini sebenernya kaya ada banyak peninggalan-peninggalan budhist gt.. tapi karena kudu naik ke atas, gak menarik dan sudah basah juga, jadi pas sampe, langsung muter balik lagi hahhaha
terus banyak banget ibu-ibu Vietnam yang teriakin suruh parkir di tempat mereka. Jadi gak boleh parkir tepat di bawah tangga ini.. dan tangga ke atas ini adalah pintu masuk dari si mountain. jadi parkirnya kudu parkir samping kaya parkiran di pinggir senayan city atau gandaria city hahha

Akhirnya jalan ke depanan lagi, dan foto sama ini (gak tau sebenernya ini apa, tapi pas googling, banyak banget foto ini batu hahaha)

"eh fotoin gue dari belakang dong.."

Tujuan selanjutnya adalah,
Non Nuoc Beach
tulisannya sih deket banget sama Marble Mountain, tapi gue kaya gak menemukan ceplosan jalan buat ke pantai itu.. sampe uda muter dua kali, tetep gak ketemu.. jadi yauda akhirnya lanjutin perjalanan aja ke

My Khe Beach
jujur, sepanjang perjalanan, banyak banget hotel-hotel mevvah tepat di pinggir pantai!
ada Pullman, Sheraton, Shangri La, Hilton, HYATT, pokoknya segala macam hotel mevvah ada di tepi pantai sini!
gue sampe bilang ke temen gue,
"pantainya bagus banget kali ya.. sampe ini hotel mevvah semuanya buka di sini!!"

akhirnya sampe juga dong ke pantainya, dan emang super juara! pantainya tuh lebaaaar,

banyak orang duduk-duduk, dan banyak yang surfing juga.
gue sama temen gue awalnya mau duduk di tempat duduk yang ada payungnya gitu loh..
"Clar, kita sok sok duduk yuk.. order aja minum.."
meskipun kita uda tau harga minumnya pasti lebih mahal, tapi yaudalah buat santai bentar okeoke aja.. apalagi gue pernah baca, kudu order coconut jelly di pinggir pantai.. jadi coconut, tapi dalemnya jelly (gak menjelaskan ya hahahah)
kurang lebih gambarnya seperti klik di sini
terus gak taunya gak ada coconut jelly, dan si masnya bilang kalo duduk di tenda yang ada payungnya gitu, musti nambah duit lagi.. berapa ya gue lupa sekitar 30k VND, atau 40k VND gtu.. dan harga minumnya kan uda lumayan mahal sekitar 100k VND gitu..
kalo mau duduk yang gratis, gak bisa di pantai. ada di depan restonya, pakai kursi kayu meja makan gitu.. bukan yang buat nyantai YEEEE!
atoga kalo lu ternyata nginep di hotel sekitaran sana, ada beberapa tempat yang nggratisin.. yakeles! kalo seharian gue bakal disitu sih gapapa deh gue bayar 40k VND hahhaa.. terus akhirnya disitu cuma sebentar, dan memutuskan untuk ke Son Tra Mountain!

dari pantai My Khe Beach itu sebenernya keliatan seberapa jauh Son Tra Mountain, dan keliatan patung Lady Buddha, super kecil sekecil jempol gue di pojok kanan foto di atas hahahah.
terus gue tanya ke temen gue, itu berapa kilo cuy?
dia bilang 20 kilo.. brarti bolak balik 40kilo..
gue langsung bilang, kayanya bensinnya gak cukup..
akhirnya cari gas stasion terdekat (yang ternyata jauh hahha)
soalnya banyak review yang bilang kalo di atas gunung gak ada pom bensin.. (ya bener juga sih haha)

abis isi bensin, langsung OTW BRANGCUUUUS!
jalanannya lurus doang sebenernya, tapi sedikit menajak hahaha
dan kalian kudu banget bangetan naik motor sendiri, karena banyak banget pemandangan yang bagus bagus banget, jadinya kalian bisa STOP sesuka hati kalian dan sekedar berfoto atau menikmati pemandangan sesaat.. awalnya gue sempet ragu buat nyetir motor sendiri.. mau tau gak kenapa?
KARENA TEMEN GUE GAK BISA NYETIR! JADI GUE KUDU BONCENGIN DIA!
yang kenal gue dan temen gue ini, pasti tau kalo gue yang boncengin bisa ngebalik ke belakang kali!  hahaha ntar orangnya marah nih
tapi mau gimana lagi, NAIK MOTOR SNDIRI EMANG PALING TOP!

Gue pernah baca di salah satu blog, katanya di Da Nang, bakal banyak banget perahu-perahu dari jerami gitu di pinggir pantai. Sejujurnya gue gak nemuin itu di My Khe Beach..
tapi pas gue OTW ke Son Tra, gue melewati pantai terusan dari My Khe Beach yang isinya full kapal, dan banyak banget perahu-perahu yang isinya cuma muat dua-tiga orang doang dan terbuat dari jerami! karena menurut gue itu lucu gitu kaya Moana, jadinya gue stop dulu dan foto-foto hahahha

Selama perjalanan ke atas, kita beberapa kali stop karena ngerasa pemandangannya itu bagus! jadi foto-foto dulu. Tapi jujur, ngeliat langsung itu jauh lebih bagus banget, tapi pas di foto, hasilnya kok gak sebagus ngeliat langsung.. itu tandanya, kalian kudu banget ke sana!

Linh Ung Pagoda (Lady Buddha)
ini dia, patung paling terkenal di Da Nang. Pas di My Khe Beach, gue liat patung ini cuma segede jempol tangan.. pas uda disampering, ini tingginya bisa sampe 67 meter dongak ke bawah atas!

cape banget kesini, penuh tangga dan super terjal! tempat ini gak ada petunjuk jalannya sama sekali, tiba-tiba ada ceplosan ke kiri, dan kudu lewatin situ supaya bisa ke patung ini. Gue aja kalo gak ikutin motor depan, gak bakal tau kalo itu adalah jalan ke Lady Buddha ini.. Jalan kesini super terjal pakai motor.. pulangnya juga super terjal! kudu banyak-banyak pegang rem..

Lanjutin perjalanan karena ngerasa kayanya bensin masih bakal kelebihan.. terus pas liat di maps, ada satu tempat buat foto-foto lagi.. namanya Ghenh Bang (Bang Rapids). Ini beneran random banget di luar rencana.. cuma karena di Google Maps ada gambar kamera gitu kalo emang tempatnya menarik buat dikunjungin..
terus yang bikin gue bingung, fotonya itu menunjukkan di pantai-pantai gitu, sedangkan gue sama temen gue saat itu kan posisinya lagi di atas gunung hahha
tapi masih mikir positif sambil bilang, oh mungkin ntar ada jalan ke bawah hahahha
ternyata pas sampe, gak ketemu apa-apa, hutan doang!
oiya sempet ke satu tempat isinya lagi di renov, yaoloh cowo semua, gue sampe ngeri..
terus semakin ke atas, bakal semakin sering ketemu patung monyet.. karena Son Tra Mountain ini terkenal juga dengan Monkey Mountain..
bagi kalian yang mau nginep di Intercontinental Da Nang, lokasinya juga di Son Tra Mountain ini.. sumpah sih Intercontinental tuh sebagian besar dimana-mana selalu bagus banget ya hotelnya!! dan juga super mahal wkakwka

Setelah bener-bener mati gaya gak tau lagi mau kemana, akhirnya memutuskan untuk turun gunung.. dan gue ma temen gue itu sering banget liatin orang lain pada foto dimana sih hahaha
jadi kalo ketemu motor stop di pinggir jalan, biasanya gue ma temen gue juga stop.. karena biasanya juga, spot fotonya bagus! hahahha. gak percaya, nih semuanya bisa nemu spot foto begini karena ada motor stop di pinggir jalan semua hahah

Selama perjalanan ke bawah, beneran susah banget ninggalin Son Tra Mountain karena pemandangannya super bagus banget!!! dan kudu diliat pakai mata sendiri.. gak bisa cuma diceritain gini.. karena feelnya beneran beda banget!!

Gak kerasa, pas turun rasanya cepet banget, udah sampe lagi ke tempat nelayan yang banyak perahu jerami pas pertama kali pergi.. Akhirnya memutuskan untuk foto di tempat yang banyak nelayan.. dan ternyata hasilnya juga bagus hahaha.. tapi kalo liat langsung itu beneran lebih BAGUS BANGET!! (detik ini gue nulis, gue jadi mau banget buat balik ke Da Nang lagi OMG!)

abis itu, kami meninggalkan daerah pantai di Da Nang..
jadi Da Nang itu kaya kebagi dua bagian.. bagian pantai dan bagian kota..
karena dari pagi uda explore bagian pantai, sekarang waktunya explore bagian kota hahha

Makan siang!
Bun Cha Ca
Address: 109 Nguyen Chi Thanh, Da Nang, Vietnam
Harga: duh sejujurnya lupa, kalau gak salah 25-30k VND. Pokoknya Da Nang itu tempat paling keren selama di Vietnam, dan tempat dengan biaya hidup termurah selama di Vietnam pula!

pada bilang ini recommended banget karena dia uda 40 tahun buat fish cake bun cha, seperti yang gue tau, biasanya bun cha itu pakai daging babi ahhahaa
biasanya acar di Vietnam itu berupa bawang putih, di Bun Cha kali ini, berupa BAWANG MERAH OH BAHAGIA!!

abis makan siang, memutuskan untuk ke
Con Market
Address: 318 Ông Ích Khiêm, Hải Châu 2, Đà Nẵng, Vietnam
tapi karena cape, memutuskan untuk ke supermarket korea gitu yang ada korsinya, sebenernya mau beli minum doang, tapi ujung-ujungnya jadi nyemil hahaha

di Con Market tuh kaya banyak banget baju-baju, souvenir murah.. dan sempet nemu satu baju lucu banget buat keponakan gue! terus uda ditawar, sebenernya uda mau beli.. tapi kaya sedikit cek cok, jadinya gak beli.. terus nyoba nawar di tempat lain dengan harga yang sama, langsung diketawain gue.. kaya, "MANA DAPET!?" -- ya gue ketawain balik lah hahaha

Han Market
Address: 119 Đường Trần Phú, Hải Châu 1, Hải Châu, Đà Nẵng, Vietnam
di sebrang Han Market ini kaya ada ITC ala-alanya Vietnam, terus gue beli oleh-oleh kopi Highlands, Kopi ini ya.. sebelum gue beli, gak pernah ketemu sama sekali tokonya. Tapi setelah gue beli, diseluruh sudut kota tiba-tiba jadi ketemu terus tokonya hahaa
terus sempet liat-liat di supermarketnya Vietnam, dan nemu KUNDUR!!!!! ENAK BANGET YAOLOH!

Lanjut ke
Danang Cathedral
Address: 156 Đường Trần Phú, Hải Châu 1, Q. Hải Châu, Đà Nẵng, Vietnam

di sini gue baru ngerasa kulit kebakar abis!!

Tiba-tiba lewat
Cao Dai Temple
Address:
63 Hải Phòng, Thạch Thang, Hải Châu, Đà Nẵng, Vietnam
terus gak ada apa-apa di sini.. turun aja engga, cuma foto doang.. shyok banget "BEGINI DOANG!?"
itu apa pula hahaha

Perjalanan selanjutnya mau ke tempat souvenir, tapi tiba-tiba di tengah jalan ketemu toko ini.. langsung berenti seenak jidat. Kalo gak sewa motor, pasti gak bisa begini hahaha
masuk ke toko ini, kudu buka sepatu dong gak ngerti lagi..

NEXT!
Danang Souvenirs & Cafe
Address:
34 Bạch Đằng, Hải Châu, Đà Nẵng, Vietnam

Tempatnya bagusssss.. cakep buat ngafe hahha
terus banyak sovenir bagus-bagus kaya official Da Nang gitu.. cakep-cakep.. bahannya oke banget, dan juga mahal hahhaha

Selesai dari sini, hilang arah mau kemana.. hahah
karena sebenernya jadwal hari ini udah selesai, dan hari masih terang banget! hal pertama yang dilakukan, langsung cek bensin, dan masih super banyak..
setelah bingung mau kemana lagi, dan liat di depan mata banyak jembatan, langsung deh cus cobain naik jembatan! hahaha

Serius banget ini pas uda sampe di atas rasanya dingin banget anginnya dan serem banget karena pas angin gede abis, motornya jadi sedikit oleng! terus tepat di atas kaya bisa liat kanan kiri sekitaran Da Nang! KEREN HUHUAA!

pas turun jembatan tibalah kami di daerah deket pantai lagi.. (seperti yang tadi gue bilang, ada dua bagian, pantai sama kota)
sempet muter-muter, ngelewatin perumahan warga.. terus langsung asumsi, ini warganya kayanya pada jadi nelayan semua.. karena bau ikan banget pas lewat AHAHAHHA
terus jalan menelusuri sungai, sambil nyari tempat makan karena uda 3 hari gak makan nasi!!
temen gue juga lagi nyari toko souvenir..
dan tiba-tiba ketemu YACHT!!

ternyata ini yacht kaya food court gitu dalemnya.. langsung parkir..
pertama kali si orang parkirnya bilang, parkir disini kenanya 5000 VND loh.. (biasanya parkir itu cuma 2000 VND)
terus gue langsung convert ke IDR, ah murah cuma 3000 IDR! *langsung gue lempar duit abang parkirnya! gak gitu deh haha*
setelah muter-muter di dalam Yacht yang kecil, diputuskan gue makan nasi babi wkwkwk
(YEY NASI!!)

gue sama temen gue memilih kursi luar, bisa langsung liat dragon bridge (yang emang pengen kita lewatin nantinya)
OIYA OIYA! jadi awalnya itu rencana gue dan temen gue, di Da Nang kami mau ke SkyBar36.. dari sana bisa liat keindahan kota danang gitu..
terus ujung"nya gak jadi karena badan uda lepek, bau, kebakar mukanya, keringetan parah, dan juga kami sayang duitnya.. beginilah penampakan setelah seharian jalan:

gak disangka, ternyata kami bisa melewati hal yang lebih romantis daripada ke SkyBar36

Ini pemandangan dragon bridge dari tempat gue duduk!!
dragon bridge itu bridge paling terkenal di Da Nang! kalo weekend, bisa keluarin api dan air gitu dragonnya!

Abis dari Yacht, ternyata deket situ ada tempat souvenir.. dan mampirlah kami..
yaampun berasa di Sentosa, Singapore gue hahahah

dan tempatnya super bagus sih.. apalagi kalo bawa pasangan.. bisa tulis nama di gembok juga.. mainstream banget ya hahha

Ternyata souvenir yang temen gue cari gak ada, jadinya kami berencana balik hotel dan melewati Dragon Bridge.. seperti inilah kira-kira Dragon Bridge (bayangin bisa keluarin api kalo weekend!)

kalo menurut gue, Da Nang itu super indah!!
dan gue menemukan beberapa kesamaan Da Nang dengan Brisbane! (sepertinya gue yang nyama-nyamain aja ini hahah)
Brisbane punya Gold Coast
Da Nang punya My Khe Beach
Brisbane punya sungai di tengah kota
Da Nang juga punya
Brisbane punya banyak jembatan yang nghubungin dua daerah yang terpisah sungai
Da Nang juga punya!
Brisbane punya ferris wheel pinggir sungai
Da Nang juga punya!!

Pokoknya, kalian kudu harus banget bangetan ke Da Nang kalo ke Vietnam!!!!

Yuk lanjut ke [Vietnam] Day 4 - Ho Chi Minh

1. Oke, dicatet, kalo ke Vietnam akan kesini. Semoga bisa ke vietnam... :)

2. Hmm, skali lg aku msh mngomentari pengendara motor dan lalu lintas di sana.. Ternyata gokilll... Parahbgtt lebilebiii paraaaah dri jkttt. Ampundeh klo aku ksna gak bakal brani lah bawa motor sndiri. Hebat mbak bisa bawa motor BONCENGAN pula brg tmennya ke gunung dgn jalan menanjak. Salut bgt pokoknya dehhh!!