Saturday, December 9, 2017

[Vietnam] Day 5 - Mui Ne

Eits! uda baca yang sebelumnya belum?
[Vietnam] Day 4 - Ho Chi Minh

Akhirnya setelah kurang lebih lima jam perjalanan, sampailah di Mui Ne!
Apa sih Mui Ne? Apa sih Mui Ne?

Mui Ne itu kota kecil yang terkenal banget sama nelayannya..
tapi gue kesini bukan karena pantainya atau nelayannya, melainkan karena Mui Ne punya padang pasir! gue sama sekali belom pernah ke padang pasir! jadi gue beneran excited banget buat ke sini!

awal mulanya, gak kepikiran sama sekali mau ke sini.. karena ini super jauh dari Ho Chi Minh.. kaya gak kebayang aja gimana caranya kesini..
tapi karena temen gue uda menunjukkan foto tempat ini yang sungguh amat amat cantik, serta belom pernah gue kunjungin.. YUKLAH KITA CARI TAU CARANYA KESINI HAHAH!

Sesampainya di Mui Ne, gue langsung diantar ke Hotel untuk mandi dan juga sekaligus nantinya gue booking private tour dari hotel ini.. ini penampakan hotelnya, kurang lebih uda jam 3 pagi kayanya gue sampe.. uda setengah teler..
masuk kamar, langsung mandi, berberes dan sarapan mie goreng hahah
tapi gue ngerasa kayanya gue masuk angin, yang menyebabkan gue sakit perut dan bolak-balik ke WC

Seharusnya gue jalan jam 04.30 pagi..
tapi gue sempet baca di blog, katanya perginya jam 05.00 pagi aja supaya gak kepagian..
akhirnya pun gue berangkat jam 04.45 karena uda diketok-ketok sama orang tournya.. mereka bilang takut gak dapet sunrisenya..

paket ini ada dua periode dan kalian bisa pilih.
1. Sunrise 04.30 - 08.30 pm
2. Sunset 01.30 - 06.00 pm
wow banget ya sunsetnya aja jam 01.30
dan gue menyarankan untuk ambil SUNRISE! (belom pernah cobain yang sunset sih sebenernya hahaha)

okelah let's goooooo
tour ini gue bayar 550k VND buat satu jeep yang bisa diisi sampai tiga orang.
tour ini menurut gue worth it banget karena beneran private jeep, dan bisa lu atur sendiri mau berapa lamanya di setiap tempat. Turnya ini dapet ke white sand dunes, red sands dunes, fishing village, dan fairy stream.

let's goooooo.. saran gue, jangan lupa bawa jaket!! angin pagi, pakai jeep.. bisa masuk angin dengan sangat mudah, bahkan bisa ngebuat kulit mati rasa seketika karena dingin kena anginnn brrr.. terus gambar di kanan ini karena abis hujan semalamnya, dan air jadi tinggi banget.. untunnya pakai jeep, jadi gak masalah..

ditengah perjalanan, super panik karena mataharinya uda tinggi.. sepertinya emang salah ngikutin yang orang-orang bilang kalau jalan jam 04.30 itu kepagian.. karena buat mencapai area sand dunes nya aja memakan waktu yang lumayan lama.. kurang lebih satu jam..

White Sand Dunes
yey akhirnya sampai tujuan pertama! White duluan karena white terletak paling jauhh..
dan gue baca-baca kan bisa naik ke atas pakai mobil gitu.. gue kira jeep bisa!! ternyata jeep cuma parkir doang, dan kudu sewa ATV lagi.. duh lupa berapa duit yang pasti di atas 200k VND! akhirnya gue dan temen gue memutuskan untuk jalan kaki saja sampai ke atas.. ya sebenernya gak atas-atas banget sih, karena kita cuma mau cari spot yang oke aja buat foto ala-ala hahaha

Foto terniat adalah pakai panorama, ini gak edit sama sekali ya.. ini bermodalkan menu panorama dan kemampuan lari dengan sangat cepat hahahah

dan akhirnya pun kami diusir secara hormat oleh panasnya matahari yang muncul.. seriusan ini panas banget! efek kebakar dari Da Nang aja belom hilang, eh uda ditambah kebakar di padang pasir begini.. oh noooo!

kami pun memutuskan untuk balik ke Jeep, dan kami baru sadar kalo ternyata ada dua tempat parkir.. pertama uda seneng akhirnya perjalanan di spot pertama selesai.. ternyata salah tempat parkir..
FYI, jalan di pasir pakai sendal itu super susah.. jadinya gue harus tenteng sendalnya, dan jalan nyeker.. untungnya pasirnya halus dan gak ada tai kucing

Red Sand Dunes
Selanjutnya ke Red Sand Dunes.. sebenernya gak jauh beda, cuman warnanya aja ini rada gelap.. kemudian di sini bisa mainan papan luncur gitu, ada yang nyewain.. karena gak beda jauh, jadi kami cuma foto bentar kemudian melanjutkan perjalanan

Fishing Village
hmmm.. menurut gue gak ada yang  spesial dari sini wkwkkw. ini kaya pasar di Jakarta Utara yang selalu dilewatin kalau mau naik kapal ke pulau seribu. kalo kata temen gue, ini termasuk ke dalam paket karena sekalian lewat gitu..
tapi dari sini terlihat jelas sih kalau Mui Ne itu emang surganya nelayan.. banyak banget ya nelayannya, dan emang ada beberapa pantai juga..

Fairy Stream
terakhir fairy stream. ini the best dari tour ini setelah padang pasirnya itu sendiri..
ini kaya sistem perairan, dan katanya sih natural gitu terjadinya, dan memisahkan pasir merah dan pasir putih..
jalan kesini super sempit, gak kebayang kalau ada dua mobil gimana..
terus di sini nyewain burung unta juga, bisa naik di atas burung unta kaya simba

awalnya gue bingung, ni tempat apaan sik.. intinya, disuruh lepas sendal, terus nyemplung ke sungai kecil gitu.. kaya jalan melawan arah gitu.. setelah dilalui, sumpah asik banget!
jadi dasar dari sungai ini, pasir gitu.. jadi kudu ati-ati, kalau gak pasirnya bisa jeblos ke dalem gitu..
terus banyak tempat-tempat yang asik buat foto-foto..

beberapa tempat malah bener-bener kaya pasir hisap, karena ketika diinjek, dia malah jeblos dan airnya terus jalan.. beneran cepet banget ngisepnya.. ngeri banget sih asli gak kebayang kalo itu beneran pasir hisap..
terus di kelompok lain, kaya ada pemandunya yang ternyata warga lokal..
awalnya baik mau kasih tau jalan aja, lama-lama pas uda mau balik ke tempat asal, eh ternyata tu orang minta dikasih tips.. YEEEE! nolong mah kudu iklas.. rejeki ada aja jalannya.. *ealah ngomongin apa hahah*
terus banyak objek menarik buat difoto:

awalnya beneran gak kebayang dimana ujungnya.. tapi ternyata ketemu kelompok yang abis jalan ke ujung.. dia bilang ada air terjun di paling akhir stop.. dan pas gue cek di gmaps, omg masih panjang hahahha akhirnya gue muter balik buat balik karena takut waktunya gak cukup..
pas uda muter balik, nyesel karena waktunya masih banyak, dan harusnya tadi lanjutin aja ke ujung sampe air terjun hahaha

gak kerasa banget dari fairy stream ke hotel super duper cepat!
mungkin sekitar jam 8 gue uda selesai tournya.. dan hal pertama yang kami lakukan, beli tiket pulang ke Ho Chi Minh.. semakin cepat semakin baik, karena lagi-lagi gak tau mau ngapain yaoloh hahah
ternyata busnya baru ada jam 13.00
baliknya gue gak pake Futa Bus, melainkan The Sinh Tourist (ya sama ajalah busnya apapun itu, yang penting ke Ho Chi Minh)

setelah beli tiket pulang, ilang arah mau kemana, akhirnya ke pantai.. sumpeh panas banget yalorddd!

terus ngasal banget malah duduk-duduk di resort orang.. HAHAHAH
berasa gak ada dosa, langsung tiduran.. sampai akhirnya disamperin orangnya, dan bilang gak boleh duduk disitu.. kudu nginep dlu baru boleh hahahah i know

dengan berat hati meninggalkan tempat yang asik banget buat didudukin.. huhu..
terus menemukan ini, parah banget ni resort ternyata langsng buang limbahnya ke pantai gini WOE! lo kata ni laut punya resort lo!

dan gue pernah buat polling, ada berapa kepiting di dalam sini?
jawabannya cuma satu kok wkwkkw

beneran uda ilang arah di Mui Ne.. sepi banget tempatnya, dan gak ada keramaian seperti mall ataupun tempat asik gitu..
akhirnya saat perjalanan, nyari tempat makan asik yang bisa ditongkrongin lumayan lama, dan ketemulah ini

gue makan nasi goreng garlic butter, oh sungguh enak dan kusuka hahaha
lalu gue minta cabe, SUMPAH NI CABE PEDES BANGET BANGETAN! padahal kaya paprika kecil gitu terus dipotongin, tapi beneran deh pedesnya gila banget

terus katanya kudu cobain ini pas di Vietnam, ya emang bukan yang terbaik, tapi bolehlah dibantu saos sambelnya jadi enak wkkwwk

di resto ini gue cukup lama, sampe tidur-tiduran dulu hahhaah
pas kurang lebih sejam sebelum berangkat, barulah gue dan temen gue ke tempat busnya lagi buat nunggu.. gue ma temen gue dapet tempat duduk di paling belakang.. di paling belakang itu ada 5 korsi mepet jadi satu.. ternyata gak ada orangnya lagi. Jadi lima korsi buat gue berdua temen gue hahahha. keliatanya emang sempit banget, tapi gak sesempit itu kok, masih bisa lewat kok.. tapi kayanya kalo bapak gue yang masuk ke bus ini, akan jadi sempit banget hmm
lalu bayangin kemarin di Da Nang uda kebakar mukanya.. sekarang di Mui Ne juga kebakar, jadilah muka gue seperti ini

Seinget gue sampai di Ho Chi Minh uda lumayan gelap, sekitar jam 7 an, dan akhirnya gue memutuskan untuk makan dulu di sekitaran bus station yang berdekatan dengan Futa Bus yang kemarin gue naikin.
akhirnya memutuskan untuk makan mie terakhir di Vietnam huhuhu (tiba-tiba jadi sedih)

Mon Hui
Address:
201 Đường Đề Thám, Phường Phạm Ngũ Lão, Quận 1, Hồ Chí Minh, Vietnam
di sini lagi ada promo gitu, makan sama minum cuma 59k VND kalo gak salah, jadi yasudah kami masuk dan kami belum makan spring roll selama di Vietnam, jadinya sekalian pesen spring roll juga wkwkwk

pas makan tiba-tiba hujan dan mati lampu.. parah banget hahah
terus kalau hujan, kami yang panik dong karena malam itu kami harus ke hotel yang deket airport karena besok pagi kami kudu flight balik Jakarta (tapi transit dulu di Sing)
kalau hujan, uber/grab pasti jadi berkali-kali lipat lebih mahal duhh
akhirnya nungguin hujan, nungguin lampu, dan tetep gak turun-turun harganya, akhirnya tetep naik uber/grab dengan highfares oh kami tajir!

sesampainya di Hotel, yaampun gue beneran shyok banget karena ini hotel JELEK BANGET dan TERJELEK selama di Vietnam..
mereka ternyata lagi renovasi dan mereka tetep buka hotelnya..
ancur banget sumpeh.. padahal di foto sungguh perfect..
bahkan tangga ke hotelnya aja cuma kerangka.. gak kebayang gue kalo jatoh tiba-tiba gimanaa.. terus dia mau nahan passport gue pula! enak aja! selama gue di Vietnam, ga ada satupun hotel yang nahan-nahan passport gueee.. akhirnya setelah berdebat, dia okein untuk gak nahan passport gue..
dan pas gue sampe kamar.. omg lantai berdebu, bener-bener gak proper buat ditinggalin..
gue langsng mandi, beresin koper, tidur dan besok paginya gak mau mandi lagi..
gak usah direview harga dllnya ya, gak recommended banget soalnya omg

yuk lanjut ke negara lain hhih