Wednesday, December 6, 2017

[Vietnam] Day 1 - Hanoi
[Vietnam] Day 2 - Ha Long Bay
[Vietnam] Day 3 - Da Nang

Hari ini saatnya ke Saigon atau Ho Chi Minh..
sejujurnya gue lebih familiar sama Ho Chi Minh, dan gue baru tau kalo Saigon itu nama lainnya Ho Chi Minh.
Jadi dahulu kala itu ketika masih dijajah sama Prancis 1859, namanya masih Saigon. Pada tahun 1975, pemerintahan Hanoi ganti namanya jadi kota Ho Chi Minh. Pantes orang masih familiar sama nama Saigon.
Denger-denger, ada yang bilang kalo ibu kota Vietnam sekarang uda pindah ke Saigon.. tapi barusan gue cek, masih Hanoi kok hahah. Tapi dulu pas tahun 1956-1975, ternyata Saigon pernah jadi ibu kota Vietnam.

Pagi-pagi naik taksi dari Hotel di Da Nang (belajar dari pengalaman sebelumnya kalau dari Hotel itu bisa lebih murah haha). BENAR SAJA! ke airport cuma abis sekitar 30k VND, dan orangnya pakai meteran yey

Sesampainya ke Saigon, langsung shock karena kalau dibandingin sama Hanoi dan Da Nang, ternyata kota ini sangat amat modern!
ada starbucks, KFC, bahkan BAKE CHEESECAKE LAGI COMMING SOON!!

Pokoknya pas ke Saigon, seketika baru sadar kalo selama di Vietnam belom ketemu sama toko semacam starbucks, KFC, dkk. Selama ini cuma makan di pinggir jalan tempat trandisional khas Vietnam gitu hahaha. Oleh karena itu, Saigon jadi kota dengan biaya hidup termahal selama gue di Vietnam. Dari airport, gue langsung cari sarapan ke:

The Hungry Pig
Address: 144 Cống Quỳnh, Phạm Ngũ Lão, Quận 1 Phạm Ngũ Lão Quận 1 Hồ Chí Minh, Hồ Chí Minh, Hồ Chí Minh 700000, Vietnam
Transport: 26k VND

banyak banget yang rekomendasiin ini,
ini semacam Bahn My, tapi versi mevvah pake bacon..
Gue beli yang Notorious PIG, katanya paling fav.. (100k VND)
suprisingly ENAK!! gue sebenernya gak suka suka banget sama bacon.. tapi pas cobain bacon yang di sini.. KOK ENAK!!
tapi beneran porsinya super banyak banget sampe gue gak abis! Jadi gue makanin daging dan kejunya aja haha

dari The Hungry Pig,
gue jalan kaki ke tempat pembelian tiket bus.. soalnya malam ini gue mau ke Mui Ne! apa itu Mui Ne!? Tunggu post selanjutnya ya hahaha
nah, pas lagi jalan ke tempat pembelian tiket, tiba-tiba ketemu toko jual kopi paling terkenal se Vietnam gue rasa!

Trung Nguyên Legend Cafe
Address: 1 Đỗ Quang Đẩu, Phường Phạm Ngũ Lão, Quận 1, Hồ Chí Minh, Vietnam
ini katanya paling terkenal, kemasannya paling mevvah, dan juga menurut gue paling mahal hahahha
Sebenernya di pasar-pasar yang gue kunjungin, kopi ini banyak banget ada dimana-mana.. tapi kalo beli langsung di store cafenya, ada kemasan kecilnya gitu..
kemasan kecil harganya 100k VND (200gr)
kemasan besar harganya 200k VND (400gr)
kemasan besar bisa dapet kotak cakep gitu.. tapi kegedean banget buat backpackeran kaya gue dan temen gue wwkwk

abis beli, lanjutin jalan ke tempat beli tiket bus
FUTA Bus Lines
Address: 272 Đường Đề Thám, Phường Phạm Ngũ Lão, Quận 1, Hồ Chí Minh, Vietnam

ternyata satu gang ini semuanya jualin tiket bus.. untuk Futa Bus sendiri, akan ada dua tempat sebrang-sebrangan.. di sebelah kiri itu buat nunggu busnya, atau shuttle bus yang akan nganterin ke bus aslinya.. di sebelah kanan itu buat beli tiketnya. awalnya gue gak tau, jadi gue nungguin di sebelah kiri.. nungguin sepi buat beli tiketnya.. ternyata gak sepi-sepi dan orang Futa nya bilang kalo beli tiketnya itu disebrang hahaha!
gue beli yang sleeping bus.. kapan lagi sleeping bus.. (160k VND/person). gue disuruh pilih kursi.. ternyata kursi bawah uda pada abis, jadinya gue di atas sama temen gue. Ini plotting busnya.. BENERAN EXCITED DAN PENASARAN BANGET KAYA GIMANA BUSNYA!!

ternyata gue baru tau kalo banyak banget provider bus yang nyediain sleeping bus dari dan untuk ke kota-kota besar, bahkan lintas negara.. bisa ke Thailand, Kamboja, Laos juga..
mungkin lain kali bisa tidur di bus aja. haha
terus di samping tempat gue beli tiket, ada yang nawarin titip koper dan bisa showering juga loh!

jadi abis beli tiket, gue titip koper di sebelah (pake tawar-tawaran dulu, karena tergantung berapa lama mau nitip), gue kemarin kena 25k VND.
terus bisa juga kalo mau skalian numpang pake kamar mandi.. bayar lagi tentunya.

abis urusan tiket bus dan koper selesai, gue ke

Reunification Palace
Address: 135 Nam Kỳ Khởi Nghĩa, Phường Bến Thành, Quận 1, Hồ Chí Minh, Vietnam

lagi-lagi gue gak masuk dan cuma foto aja hahahhha
ini semacem gedung buat nyimpen benda-benda bersejarah pas mereka merdeka gitu kayanya. Pintu masuknya di samping.

setelah dari sini, gue mau ke Cathedral.. lokasinya persis di samping Reunification Palace.. pas jalan ke sana, ada bule lagi mau beli kelapa.. terus dimahalin gitu sama tukang kelapanya karena tau bule kali ya.. terus si bule kesel, langsung ninggalin tukang kelapa..
sedetik gue mikir, kenapa sih kudu naikin harga.. kan lebih mending jual banyak tapi untung gak seberapa.. daripada harganya mahal, susah laku.. apalagi jualannya makanan yang gampang rusak huu

Notre Dam Cathedral
Address: sebelah Reunification Palace
01 Công Xã Paris, Bến Nghé, Quận 1, Ho Chi Minh City, Hồ Chí Minh, Vietnam

Katedralnya tutup karena renovasi huu
padahal mau banget doa di dalem.. tapi yasudah, yang penting uda terlaksana, setiap kota samperin katedralnya YEY!

Central Post Office
Address: sebelah Cathedral
2 Công xã Paris Bến Nghé Quận 1, Ho Chi Minh City, Vietnam
ini tuh semacam post office yang super gede dan masih buka sampai sekarang. terus ini dulunya ada WARTEL (warung telepon) yang ada di bilik-bilik sempit gitu! lucu banget haha
terus ada jam dan juga peta supaya bisa tau telponnya bisa nyambung kemana aja dan juga jam berapa di lokasi tertentu

tapi sekarang seiring berkembangnya teknologi, tempat ini mulai berubah fungsi jadi tempat jualan souvenir khas Saigon hahha.. gue sempet beli baju di sini karena buy one get one dong! jadi cuma 45k VND doang! baju yang khas-khas Vietnam gitu.. terus nemu ini juga pas liat-liat:

lelah juga keliling-keliling post office ini, dan cari-cari oleh-oleh yang bisa dibawa pulang haha.
abis itu, selanjutnya kami ke menara tertinggi di Saigon

Saigon Sky Deck (Bitexco Financial Tower)
Address: 36 Hồ Tùng Mậu, Bến Nghé, Quận 1, Hồ Chí Minh, Vietnam
Entrance fee: 200k VND
Transportasi ke sini: 22k VND

beruntungnya hari itu cuaca super cerah banget! jadinya pas di atas, keliatan semuanya 360 drajat.. langsung deh foto ala-ala ahhaha

terus pas di atas, dapat minum gratis..

oiya, kalo backpacker di Vietnam, beneran kudu siap minum super banyak karena super haus! panas banget! Setiap hari pasti bisa beli minum 1.5 liter..

di Saigon Sky Deck ini gak begitu lama.. BTW, kenapa ya gedung tertinggi biasanya terletak di Financial Tower.. supaya financial kota atau negara tersebut paling tinggi kali ya hahaha
terus ke

Saigon CenterAddress: 65 Lê Lợi, Bến Nghé, Quận 1, Hồ Chí Minh, Vietnam
di Vietnam, Ember aja dijadiin nama hahaa

tiba-tiba di jalan ada yang kasih tissue ini.. yaampun kangen banget ini tissue dari HK! huaaa lebay emang nama tengah gue!

Saigon Square
Address: 81 Nam Kỳ Khởi Nghĩa, Bến Nghé, Quận 1, Hồ Chí Minh, Vietnam

di sini kaya banyak banget barang-barang KW

gak begitu lama di sini, lalu lanjut jalan lagi ke:
Ben Thanh Market
Address:
Đường Lê Lợi, Phường Bến Thành, Quận 1, Hồ Chí Minh, Vietnam

di sini banyak banget yang jual souvenir.. terus gue beli saringan buat kopi Vietnam (cuma 10k VND).. supaya pas minum kopi, berasa Vietnamnya hahaha
gak kerasa sudah siang dan waktunya makan hahaha.. sebenernya uda siang ke sore gitu.. dan dari awal emang uda mau makan di Bep Me In..

Bep Me In
Address:
9 ward, 136/9 Lê Thánh Tôn, Hồ Chí Minh 700000, Vietnam
banyak banget yang rekomendasiin ini, dan lokasinya itu masuk ke gang gitu..
pas sampe, bingung banget mau pesen apa hhahaha
terus ini banyak banget bule yang makan di sini..
akhirnya pesen yang fav, tahu jamur dikasih bumbu
BUMBUNYA ENAK ABIS!! Harganya 85k VND untuk TAHU DOANG! hahahha
tapi sumpah bumbunya enak bangetttt!!
gue kemarin minta cabe potong.. ditaro, diaduk di dalam tahu.. yaampun pedes banget dan super mantap!

terus seperti biasa, gak tau lagi mau kemana hahahha
akhirnya berencana untuk ke China Town, dan sumpah jauh banget lokasinya! tapi yauda deh daripada bengong gak tau mau kemana lagi..
pas sampe, GA KETEMU DONG CHINA TOWNNYA!
(ketika postingan ini ditulis, baru sadar kalo China Town itu artinya kaya district gede, dan kalo mau ke gedung yang jual beragam macam murah-murah, namanya An Dong Market!)
pas cuma ngetik China Town, ubernya tuh kaya drop point di satu titik yang bukan An Dong Market.. nah gue tuh gak tau kalo itu bukan China Town.. pas sampe, sopir Ubernya aja bingung ngapain gue sama temen gue kesitu.. padahal lumayan mahal ubernya sampai 51k VND! Uber termahal untuk perjalanan dari satu tempat ke tempat lain di Vietnam gue rasa hahahaa. Daripada perjalanan 51k VND itu sia-sia, akhirnya ke mall kecil di sebrang..

Parkson Hung Vuong Plaza
Address: 126 Đường Hùng Vương, phường 12, Quận 5, Hồ Chí Minh, Vietnam
di mall itu, muter-muter, liat-liat, telusuri setiap sudut lantai, mikir-mikir belanja gak ya hahah
sampe ada wallstreet juga dan pengen pura-pura jadi yang mau daftar dong.. (saking gak tau lagi mau ngapain)
OIYA ada Blitz CGV juga! tadinya mau cobain nonton juga hahhaha beneran keabisan ide mau ngapain dan waktunya masih banyak di Ho Chi Minh hahhaa
terus ke foodcourt, minum kopi di Highlands!
tempat kopi ini tersebar kemana-mana, dan super murah! cuma 30k VND yang small (sekitar 18k IDR)

di sini lumayan lama, sekalian istirahat, ngobrol, dan karena gak tau juga mau kemana lagi
sok-sok ide ke supermarket beli makanan buat besok pagi..

akhirnya temen gue mau ke Pia Durian TAN HUNG
katanya terkenal banget di Vietnam.. tapi gue beneran gak mau deh sama durian durian gitu..
Jadi rencana awal, gue nunggu di Saigon Center, terus temen gue naik grab bike ke tempat pia. Abis temen gue balik, kami akan makan malem bareng di Saigon Center, terus langsung cus ke Futa Bus.. etapi etapi, pas lagi jalan ke Saigon Center, ujan super gede banget tumpah!
akhirnya memutuskan untuk balik ke sekitaran tempat bus aja, dan gue cari tempat nongkrong deket bus itu.. gue ke tempat nongkrong Korea gitu..
lagi-lagi karena perginya mahal, pulangnya juga mahal naik uber 52k VND hahahha die!

HODUHODU
Address: 228 Đường Đề Thám, Phường Phạm Ngũ Lão, Quận 1, Hồ Chí Minh, Vietnam
Hodu Latte (Walnut Latte): 65k VND
Cafe ini spesialis walnut.. logonya, minumannya, buahnya, semuanya walnut..

disini langsung nyari colokan, nyari tempat yang spacenya cukup gede karena sepatu jaket uda pada basah.. gue jemur sambil ngcharge powerbank, batre HP.. semuanya!
dan temen gue ujan-ujanan naik grab bike beli pia durian haha

Pas temen gue balik ke HODUHODU, basah kuyup.....
dan kami pun memutuskan untuk dinner.
dari awal lewat sekitaran sini, uda ngiler banget pengen makan KARI VIETNAM!!
FYI, gue pernah dan suka banget makan kari Vietnam pas di Taiwan.. jadi pas ketemu penjual kari di sini, beneran penasaran banget pengen coba!

Nama restaurannya lupa banget apaan, pas cari di maps juga gak muncul..
yang pasti ini depan serong kiri dari HODUHODU..
dan karinya enak banget!! kari manis gtu.. duh suka banget..
harganya kari 75k VND, nasinya 15k VND

abis makan malam, langsung menuju ke Futa Bus, buat naik sleeping bus..
gue milih yang perjalanan jam 22.00, supaya di Mui Ne bisa mandi dulu, istirahat dulu, sebelum lanjut perjalanan di sana.
Perjalanan ke Mui Ne sekitar 4-5 jam..
dan pertama-tama kita naik bus biasa, buat dianter ke pangkalan sleeping bus..
jujur banget ini kali pertama naik sleeping bus!!

wow banget! semuanya oke! kebersihannya oke juga, sebelum masuk ke bus, kita dikasih plastik buat naro alas kaki.. dan untuk gue yang tingginya sekitar 160cm, pas tempat duduknya buat gue.. tapi buat bule-bule, mereka kudu nekuk kaki mereka.. kasian juga.. karena ini di design buat orang-orang Asia (terutama Vietnam).
terus abang kenek bakal datengin satu-satu buat nanya, "turun dimana? apa nama hotel lu?"

selama perjalanan, gue beneran kebelet pipis BANGET!!
sampe gak konsen buat tidur yaampun..
gue pun membranikan diri buat ke kenek dan bisik-bisik (karena pada tidur semua) bilang,
"toilet.."
dia bilang HAH?
"TOILET!"
"oh okeoke! one more hour"
dieeee

yuk lanjut ke hari selanjutnya hahaha