Friday, November 10, 2017

[Vietnam] Day 2 - Ha Long Bay

YEY lanjut ke Day 2 yuks!
Buat yang belom baca Day 1, klik dulu disini [Vietnam] Day 1 - Hanoi

Hari kedua adalah hari yang penuh.. literally PENUH kegiatan.
pagi-pagi jam 6.30 gue dan temen gue sarapan.. Sarapannya di Pho 10 Ly, deket banget juga sama hostel dimana gue nginep.
dan pagi itu hujan! inget gak di malam hari pertama, hujan super gede.. ternyata berlanjut sampai pagi dan belom kelar-kelar. akhirnya gue dan temen gue ke Pho 10 Ly ujan-ujanan.. temen gue pake payung sih, karena payungnya kecil dan kitanya gede-gede, jadi gak bisa muat lah payungnya.. jadi gue lebih memilh jalan sambil neduh di atap toko-toko pinggir jalan.

Pho 10 Ly Quoc Su
Address: 10 Lý Quốc Sư, Hàng Trống, Hà Nội, Vietnam

SUPER ENAK!! Banyak banget yang rekomendasiin tempat ini sebagai must eat! Tokonya buka dari jam 06 pagi, dan tutup jam 10 malem! Pho itu makanan khas dan paling terkenal dari Vietnam. Sebeneranya Pho itu mie khas vietnam dikasih kuah kaldu sama daging sapi (atau daging lainnya, tapi umumnya sapi)

kemarin ini gue pesen yang spesial (80k VND) hahaha..
jadi setau gue ada beberapa macam daging..
daging yang emang belom mateng diiris tipis-tipis, jadi pas dikasih air panas baru mateng,
dan daging yang emang uda mateng sebelumnya.
Pas gue makan Pho 24 di Jakarta, mbak-mbaknya bilang kalau daging yang dikasih air panas baru mateng itu lebih fresh. Tapi mungkin beberapa dari kalian geli atau takut dagingnya belum matang dan masih merah-merah gitu..

Selesai makan Pho, gue dan temen gue balik ke hostel, siap-siap buat check out, karena hari kedua adalah harinya Ha Long Bay!

Apa sih Ha Long Bay?
kalau liat di fotonya, gue langsung bilang "Oh Raja Ampatnya Vietnam ya!"
Tapi kalo gak tau Raja Ampat, lokasi ini terkenal karena tempat syuting film KONG (king kong).
dan juga susunan batu di dalamnya tuh cantik gitu..
setelah gue beli paket tour yang dari Fansipan Tour, gue tinggal tunggu di hostel gue buat dijemput tournya.
di hostel gue ternyata ada tiga orang lainnya yang ikut tour Ha Long Bay juga, tapi bukan dari Fansipan Tour, jadi mereka dijemputnya juga sama beda orang.
gue nunggu cukup lama. Kemarin orangnya bilang gw bakal dijemput pertama, sekitar jam 08.00.
Akan tapi sampai 08.30 belom dijemput juga. uda panik ditinggal, tapi masih mikir positif karna hujan jadinya yang jemput telat. Mikir positif pun ada batasnya! akhirnya minta tolong owner hostel gue buat nelponin tournya. hahaah

tiba-tiba ada motor dateng.. dan dia mau jemput gue dan temen gue.
bayangin coba, gue dan temen gue naik motor bertiga sama yang nyupir, dan itu ujan!
jadi si abang motor jemput kita, buat dianter ke pangkalan busnya..
sumpah ya itu temen gue ketakutan gitu, jadinya dia pegang gue super kenceng, terus tenaganya jadi lebih gede.. abangnya langsung oleng mau jatoh hahahahahah
oiya! lalu lintas di Vietnam itu super gila banget!! banyak banget motor! dan gak teratur sama sekali, padahal lampu merah.. tapi bisa banget melintas begitu aja, cuma bermodal klakson, dan itu di perempatan. super gila!
terus si abangnya ngajak ngobrol terus.. gue iya iya aje supaya cepet!
Gak taunya si abang makin ngajak ngobrol karena dia seneng gue tanggepin!! Padahal cuma iya iya doang hahahahah

AKHIRNYA SAMPE DI BUS!
Gila itu bus uda super rame, gue dua orang terakhir yang masuk ke bus hahahah
terus uda gak ada tempat duduk dong.... jadi gue memutuskan untuk duduk di depan aja..
Gak taunya gak boleh karena itu buat tour leadernya.. akhirnya gue sempit-sempitan duduk paling belakang. Kusi belakang itu ada lima seats. Paling pinggir kiri orang Jerman yang ternyata PhD dan dosen di salah satu university di Vietnam. Paling pinggir kanan ada dua orang, yang gue dan temen gue langsung tau mereka penyuka sesama hahahah, dan mereka berdua dari Florida, USA. Mereka baru aja traveling dari Laos dan Thailand. Sisalah dua kursi di tengah, buat gue dan temen gue sempit-sempitan!!
rata-rata di mini bus ini bule-bule gitu. Tapi ada juga asianya, china, korea, thailand juga ada.


Perjalanan ke Ha Long Bay itu kurang lebih memakan waktu 4 jam! Di tengah perjalanan ada toilet stop sekali. Selama perjalanan, beneran mati gaya mau ngapain.. akhirnya tidur dan ngomongin orang di bus itu pake bahasa Indo hahaah!

Jadi, cerita tentang hujan..
sebenernya gak prediksi banget kalo pas ke Ha Long Bay, ternyata hujan! soalnya sehari sebelumnya itu super cerah banget! Pagi-pagi di Hanoi itu ujan super gede!! dan gak mungkin cancel tripnya.. secara uda bayar DP dan besok uda gak di Hanoi lagi.. akhirnya ngarep hujannya berenti di Ha Long Bay..
Pas di tengah perjalanan menuju Ha Long Bay, ujannya beneran berenti dan super cerah!! YEYYY!
tapi ternyata pas 1 km sebelum Ha Long Bay, mulai grimis lagi dan anginnya cukup gede.. *panik*

terus tour guide gue bilang juga kalo dia punya bad news! kalo hari itu Ha Long Bay gak bisa didatengin, karena anginnya super gede jadinya petugasnya gak jual tiketnya.
dan itu baru dikasih tau tour guidenya pas semuanya uda di sana!
tour guidenya bilang "jadi gimana? solusi paling okenya, kita tetep makan siang di sini, terus kita balik ke Hanoi lagi. Duitnya bakal dibalikin semua"
...............
yang bikin gue mikir bukan duitnya.. tapi gue uda ngabisin waktu 4 jam perjalanan ke Ha Long Bay! "YAKALI!?"
akhirnya tour guidenya bilang kita tunggu 30 menit ya. kalo statusnya masih gini, masih gak dijual tiketnya, yauda kita harus balik Hanoi.. (satu bus kaya bengong gitu hahaah)

dan ini banyak banget yang ikutan nunggu loket tiket dibuka


SETELAH 5 MENIT MENUNGGU, DIBUKA DONG!!
Sedetik gue ngerasa ini kaya dikerjain tour guidenya.. abisnya kok bisa cepet banget dibukanya hahahha hahaha! tapi ternyata emang lagi beruntung banget OMG!

Akhirnya dapet tiket buat ke Ha Long Bay.
Kemarin gue bayar tour Ha Long Bay ini sekitar 600k VND. dan ternyata itu SUPER WORTH IT karena gue dapet:
- tiket masuk Ha Long Bay 250k VND
- tiket masuk goa 40k VND
- makan siang di boat
- naik kayak/bamboo boat
- snack buah, dan wine.
- PP Hanoi-Ha Long Bay.
Jangan lupa, Fansipan Tour! hhahha


makan siangnya super enak! ini spring roll terenak selama gue di Vietnam!! Terus pihak tournya super peduli sama makanannya, kalo vegetarian bisa dimasakin menu khusus gitu.. hahaha



Abis makan, senernya masih grimis gede gitu, tapi sok-sokan mau naik ke atas kapalnya buat foto-foto.. cakeppp



Pertama kita diturunin di suatu tempat gitu (lupa namanya), intinya ada caves gitu.. katanya namanya three caves, padahal cuma ada dua dalamnya.


Ini kali pertama gue masuk ke caves sih.. dan gak pernah nyangka bagus banget!! Semuanya terjadi super alami dan keren banget!


terus lanjutin perjalanan keliling-keliling Ha Long Bay, dan ternyata gue melewati batu yang tertera di 200.000 VND (gak begitu penting ya infonya hahah)

Terus dianter ke satu tempat..
boleh milih, mau kayaking atau bamboo boat, setelah tau kalo ternyata bamboo boat tinggal duduk santai dan ntar didayungin, gue langsung mau bamboo boat.. padahal selama di Jakarta, uda ngebayangin gimana posisi oke di kayak hahaha!



Setelah naik kayak, ada spot super bagus hahaha.

menurut gue, foto di atas adalah spot foto terbaik selama gue di Ha Long Bay..
sebenernya bisa keliatan semua supaya persis kaya raja ampat, tapi gue gak kesana.. jadi kudu ke satu pulau.. terus kudu hiking gitu.. dan saat gue ke sana, ujan dan anginnya ngebuat gak ada kapal yang boleh ke daerah sana.
mau liat Ha Long Bay kaya Raja Ampat? KLIK!!

pas uda selesai semua aktivitas, saatnya naik kapal dan balik ke dermaga awal.. terus kami dikasih buah dan wine:


saat mau balik ke bus.. sesaat sebelum turun dari kapal, hujannya gede banget banget bangetan dong!! gak ngerti lagi super gede, dan berharap Hanoi gak hujan segede itu..

tapi ternyata salah.. meskipun uda melewati 4 jam perjalanan, Hanoi tetep hujan tapi gak sebesar di Ha Long Bay. Gue dan temen gue memutuskan untuk makan dulu, Pho Ga Tron.

Pho Ga Nguyet
Address: 5 Phủ Doãn, Hàng Trống, Hà Nội, 100000, Vietnam

Sejujurnya gue gak tau apa itu Pho Ga Tron.. pas googling juga have no idea sama sekali karena keluarnya mie kaya Pho gitu.. tapi karena masuk ke list recommended gitu, yasudahlah cobain aja.. Rada susah cari tempatnya, dan mereka gak punya menu bahasa inggris. jadi gue pakai google image, kasih liat ke dia.. untung orangnya iya iya aja.. meskipun kemauan gue gak 100% ke transfer ke otaknya hahaha.. Gue maunya yang gak kuah, tapi dy kayanya gak engeh, dikira gue gak mau sayuran.. yah gitu lah. (uda cape dari Ha Long Bay)
Tapi kalo gue gak salah nangkep, kayanya Pho Ga Tron itu lebih menonjolkan ayamnya ini.. jadi banyak banget ayam rebus di depan tokonya dia.. terus kalo ada yang mau makan baru dipotong langsung dari ayamnya.. gitu

pas mau pulang dari makan, BARULAH UJAN SUPER GEDE!! sampe keluarin jas ujan.
jadi hari itu, gue akan nginep di hotel deket airport, karena besokannya gue kudu flight pagi ke kota lain di Vietnam.
Rencana awal, gue dan temen gue bakal naik bus ke airport. murah banget! tapi ternyata hujan super gede. Gak oke banget kalo jalan geret-geret koper, sambil ujan-ujanan.. drama Korea pun gak gitu-gitu amat..
Udah panik karena ujan, kami jadi tambah panik karena GRAB UBER harganya langsung high fares semua, bisa sampe 300k VND!
akhirnya memutuskan untuk balik ke hostel pertama dimana kita nitipin barang.. sambil nunggu harga uber grab turun.. tapi ternyata gak turun-turun. hahahaha
disini lah owner hostelnya baik banget mau bantuin cari GRAB.. tapi ternyata dia shock juga kok mahal banget wkakwk!
terus dengan super malaikatnya, ownernya telpon taksi langganan hostel dia, dan dia bilang, lu beruntung nih.. cuma 160k VND doang!
WAH KITA LANGSUNG MAU!!! karena emang normalnya segitu.

tapi supir taksinya itu cerdas, dia sengaja pasang meterannya, meterannya bisa sampe 200k lebih! terus dia sok-sok suruh kita bayar yang meteran.. terus gue komplen, "but the hotel said...."
dia baru sok sok becanda in kita "iya emang 160k VND aja kok" gitu hahaha

SAMPAILAH KAMI DI
NOI BAI AIRPORT HOTEL!!
Address: KM2, Vo Van Kiet St., Noibai Airport, Noi Bai, Vietnam
Harga:150.000 IDR /malam
(kemudian mami bilang, "masa hotel murah banget? itu mah rumah warga kali!")

Review:
Beneran super deket dari airport! bahkan bisa banget buat jalan ke airport!
kamarnya bersih, gede banget, dan kamar mandinya juga gede abis!
ada AC, dan kipas angin super gede juga..
receptionistnya bisa mandarin! yeyy



dan inilah yang terjadi efek kehujanan di malam hari (paginya kering loh buset banget!!) hahhahah


YEYY SELESAI!!
Lanjut ke Hari ke-3 yuk:
[Vietnam] Day 3 - Da Nang
Hari ketiga bakal cerita gimana indahnya kota Da Nang!! INDAH BANGET BANGET BANGETAN!
bahkan banyak banget reviewers yang bilang, "the most beautiful beach in southeast asia!"

11 comments:

  1. Mantap, jadi kepengen juga ke sana dengan dana yang terjangkau. makasih reviewnya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu banget ke sana.. makasih juga uda berkunjung :D

      Delete
  2. Iya aku juga ngeliatnya ga tahan :””) hahaha
    Salam kenal juga Mayang :D

    ReplyDelete
  3. Wah jadi pengen kesana, apalagi lihat pemandangannya. Bagus. Terlebih itu makanannya bikin pengen, Teh..hehe

    Btw, salam kenal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kudu banget ke sana.. BTW, hari ke-3 uda published loh.. hihi.. yukk cek..
      salam kenal juga ya Andi :)

      Delete
  4. Wuaduh, dri mulai destinasi wisata smpai kuliner di Vietnam agak asing sih di telingaku. Blm pernah dgr sama skli. Bhsanya apalagi tuh. Hahaa :')

    Seru mbaaakk! Gak kbyang sih psti kcewa bgt udh perjalanannya lama, tp cuaca tidak mendukung. :') untungnya gak lama kmudian tiketnya dibuka lg..

    Eh iya itu serius lalu lintas di Vietnam kyak gtu? Extremnya lebih2 dari Jakarta trnyata. Abang ojeknya jg (ojek pa bukan?) udh pro bgt keknya ya, mana ujan, betigaan, kebut2an. Gokil dahhh. Grab sama Uber ada jg di sana? Oiya ya, bkan produk indonesia soalnya ya? Heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Lulu.. makasih uda baca dan komen..
      iya kecewa banget waktu itu.. tapi akhirnya bisa dibukain, bener-bener wow banget.. hihi :D

      bukan abang gojek.. tapi emang abang yang suka jemput-jemput orang buat ikut tour hahahha

      iya grab sama uber produk luar indo.. untung gojek gak ada ya.. kalo ada aku yang bingung hahha

      BTW postingan day 3 uda ada nih.. cek yuk hihi
      salam kenal ya Lulu :)

      Delete
  5. Waaah baguss tempatnyaa. Walaupun baru tahu kalau suting film Kong itu di sana. Hehehe.

    Anyway, salam kenal yaa. Kayaknya baru pertama deh main ke sini. \(w)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga baru tau ternyata film KONG di sana hahahha
      salam kenal juga ya Kresnoadi :D

      Delete