Monday, October 9, 2017

[Vietnam] Day 1 - Hanoi

Gak pernah sama sekali kebayang di otak gue buat ke Vietnam! tapi ternyata, Vietnam itu satu negara yang super keren banget!! gak nyesel sama sekali dikasih kesempatan buat explore Vietnam!

Pergi Senin 9 Oktober 2017, jam 01.30 pagi naik Air Asia.
Gue dapet tiket super murah, normalnya 896.000 IDR one way, terus gue beli di tiketgila, dia ngejual seluruh tiket Air Asia domestik, dan internasional dengan diskon 20%! Jadi gue dapat tiket one way dengan harga cuma 716.800 IDR.

Kenapa one way?
karena gue gak mau pulang dari Hanoi juga.. gue mau pulang dari Ho Chi Minh, tapi multiple flight di budget airlines itu tidak ada. Sehingga gue memutuskan untuk beli tiket terpisah.
Sebenernya beli tiket one way begini ada kerugiannya, jatohnya bisa lebih mahal daripada round trip, karena kalo round trip kalian cuma bayar booking fee sekali.. kalo one way kalian akan bayar dua kali buat booking fee.

Kenapa Hanoi duluan? kenapa gak Ho Chi Minh duluan?
karena kalo Hanoi duluan, jatohnya lebih murah daripada Ho Chi Minh duluan wkakak!

LANJUT!

Gue dan temen gue uda di airport jam 22.30. Check-in, ke imigrasi dan tibalah di gate sekitar jam 12.00 (sebenernya lupa tepatnya jam berapa, uda ngantuk banget saat itu hahaha). yang gue inget, jam 12.30 uda boarding. Penerbangan pagi subuh tengah malam memiliki suatu keuntungan, gue bisa sampai di Hanoi di pagi hari, jadi bisa langsung beraktivitas! yey!

Gue transit di KL sekitar dua jam, tapi beruntungnya gini..
KL Hanoi beda waktu satu jam,
Hanoi itu waktunya sama dengan Jakarta.
jadi ketika gue transit di KL 2 jam, sebenernya gue cuma transit 1 jam.
Ngerti gak sih maksud gue? hahahhaha

Jam 08.40 pagi akhirnya gue sampe Hanoi! yeyyy!


Setibanya di Hanoi, hal pertama yang gue lakukan adalah, cari toko sim card.
Harganya 200ribu VND buat 7 hari, unlimited merk Viettel.
(1 VND = 0.62 IDR, ya emang VND lebih murah daripada IDR!)
Denger” Viettel itu kaya Telkomselnya Indo. Ada sim card lainnya lebih murah, tapi ketika masuk ke perkampungan atau keluar kota besar, bisa ga ada sinyal.
Instalasinya super gampang, tinggal masukin ke HP, langsung bisa jalan internetnya! yey!

Setelah dapat sim card, waktunya nyari transportasi ke hotel..
Banyak banget orang Vietnam yang deketin gue sambil nawarin Uber.. mereka nawarin pakai USD.. terus gw mana punya USD.. gw pun tanya, VND nya berapa?
Terus mereka malah bilang “emang lu punya VND? coba kasih liat gue VND lu!”
untung gak gue ladenin.. uda bodo amat ini yang otaknya miring siapa coba, gw ke Vietnam, masa gak nyiapin VND!?

Orang yang pertama nawarin gue itu bilangnya harga ubernya 250k VND sampai ke hotel gue..
Akhirnya gw order sendiri, pake Uber.. harganya 235rbu..
(meskipun beda 15k, super pelit hemat kalo lagi travelling hahhaha)
terus pas sampe hotel, ternyata bayar tambahan 35ribu lagi.. gw kira bayar tol.. ternyata itu bayar parkirnya mobil si uber pas di airport!! padahal normalnya bayar 15ribu doang buat parkir.. pas uda hari keberapa, baru sadar kalo 35k itu bukan toll! (HAHAHA TELAT SADARNYA!)

Hotel Hostel gw lokasinya di dalam gang gitu.. jadi gak bisa dimasukin mobil.. dan untungnya gak susah buat dicari.. Hotel gue namanya:
North N2 Hostel
Address: 5B Ngõ Tạm Thương, Hàng Bông - Hàng Gai, Hà Nội, 110710, Vietnam

Harga permalamnya 145.600 IDR
Kalo mau nambah AC, tambah 30.000 VND/malam
Review:

Menurut gw sih kamarnya cukup besar untuk buka koper, kamar mandinya juga cukup oke, good location, ownernya super duper ramah banget dan baik banget!!
gue minta early check-in, dikasih dong!
terus pas check-out, gw boleh nitip tas di receptionist seharian full. Dicariin taksi super murah, dan dikirimin pesan lewat agoda sama ownernya.. kaya dikasih ucapan terima kasih, dan ownernya apal banget abis dari Hanoi gue mau kemana aja!! ternyata ownernya sempet nanya2, buat data dia nulis narasi.. KEREN BANGET! super recommended!!!
tapi ini hostel cuma buat tidur ya.. kalo kalian mau yang lebih gede, atau bathtub bathroom, ya jangan di hostel ini..

Abis check-in, gue makan di deket hotel.

Bun Cha Dac Kim
Address: 1 Hàng Mành, Hàng Gai, Hà Nội, Vietnam
Hours: 9AM–8:30PM
Phone: +84 24 3828 7060
ini super recommended banget!! Gw gak ada ide sama sekali apa itu Bun Cha, tapi ternyata setelah gue makan Bun Cha ini, selama 7 hari di Vietnam gue jadi pengen banget makan Bun Cha terus!! saking enaknya!! Reviewer juga pada bilang Bun Cha ini, "The best bun cha in Hanoi”!

Apa sih Bun Cha itu?

semacem daging babi kecil-kecil, dicelup ke kuah enak!
terus makannya pake soun gede gitu.. gue belinya yang special, jadi ada spring rollnya..
setelah makanan keluar, baru mikir "kayanya satu berdua cukup.." hahahha
terus paling khas dari makanan Vietnam adalah, banyak daun dimana-mana.. bawang putih dimana-mana. HAPPY BANGET!

dan selalu ada cabe potong.. seriously ini pedes banget loh!!
temen gue yang gak happy, "jangan makan bawang putih banyak-banyak.. bauuu" hahahha

Harga Bun Cha Dac Kim ini yang special dapat 2 spring roll (90k VND), air mineral 500ml (10k VND). Mending beli minum di luar aja, normalnya minum 500ml 5k VND, 1,5 liter 10k VND
Abis makan, kenyangnya gila banget!!
Padahal dari awal sebelum sampai Vietnam uda janjian, "Kita kalo makan bagi dua aja ya.. mau nyobain super banyak makanan nih!" tapi pas sampe ke Bun Cha Dac Kim itu, rasanya laper banget..

abis makan Bun Cha, gue ke One Pillar Agoda naik GRAB!
enak banget pesen GRAB di sana.. praktis dan super murah!
terus sebelum ke Vietnam, gw pernah pesen GRAB di Malay, terus biasanya tiba-tiba ditelpon supir GRAB, pernah satu kali dicancel sama supir GRAB nya karena tau gue bukan orang Malay.
jadi pas di Vietnam cara gue adalah, gue google translate dulu, kira-kira begini
"foreigner, cannot speak Vietnamese, two girl using gray shirt"
jadinya,
"người nước ngoài, không thể nói tiếng Việt, hai cô gái sử dụng áo sơ mi màu xám"
Nah mantep kan.. tinggal di copy paste ke message GRAB! hahahah
sejauh ini semuanya berhasil. GRAB nya bisa langsung,
"halo!"
"hey! where do u come from?"
bahkan beberapa langsung pasang lagu inggris.. supaya gue kasih bintang lima kali ya hahahah!

sampailah di..
One Pillar Pagoda
Address: Chùa Một Cột, Đội Cấn, Ba Đình, Hà Nội, Vietnam
Transportasi: GRAB dari Bun Cha Dac Kim 18k VND


Kenapa ke One Pillar Pagoda?
sebenernya gak ada menarik-menariknya, bahkan temen gue juga bilang "gini doang?"
tapi pas gue ke Shenzhen, ada Window of The World, dimana seluruh bangunan terkenal di seluruh dunia ada di sana. Contohnya China ada Great Wall, Indonesia ada Borobudur.
NAH! Vietnam itu ada One Pillar Pagoda ini..

Apa itu One Pillar Pagoda? (gw copas aja ya hahaha, dari sini)
One Pillar Pagoda, also known as the Dien Huu Pagoda or Lien Hoa Dai owns unique architectural structure with a square structure lying on a stone pillar. It is distinctive architecture that gives the pagoda become one of the fascinating tourist attractions in Hanoi.
Intinya, dia unik aja gitu cuma ada satu pilar buat ngebediriin pagodanya..
terus di atas pagodanya itu ada meja buat sembahyang gitu.. sebenernya uda males naik dan doa.. tapi denger-denger penjelasan dari tour group lain, kalo doa disitu bisa doain keluarga.. jadi gue naik.. HAP!
(kalo jalan sendiri, gue suka banget nguping omongan group lain tentang penjelasan tempat bersejarah hahaha)

(oh gituu.. jalan lagi yuk..)

Ho Chi Minh Museum
Address: 19 Ngách 158/19 Ngọc Hà, Đội Cấn, Ba Đình, Hà Nội, Vietnam
(gampangnya itu, sebelah One Pillar Pagoda)
Transportasi: Jalan kaki


OIYA! FOR YOUR INFORMATION! Kalau bisa jangan ke Hanoi hari Senin! Karena sebagian besar tempat bersejarah seperti museum, tutup di hari Senin! Di Indo juga gitu sih.. Senin itu hari libur museum, jadi pada tutup. Oleh karena itu, gue kebanyakan cuma foto di depannya aja gitu.. (tapi sejujurnya, ada beberapa yang buka, tapi tetep aja gue gak masuk.. "hmm kayanya gak worth it.." --- sotoy aja gitu HAHAH!)

Ho Chi Minh Mausoleum
Address:
(sebelahan juga lokasinya, jadi tinggal jalan kaki aja hihi)

Ini sumpah panas banget!! P A N A S B A N G E T ! ! ! (dan sepertinya lagi renovasi)
Jangan lupa bawa sun screen! Kalo perlu digantung di tas kaya gue! hahaha
Terus ini kaya tempat peristirahatan terakhir pemimpin revolusionari Ho Chi Minh di Hanoi.. Jadi di dalamnya ada jenazahanya.. terus penjagaannya ketat banget! bahkan ada trotoar gitu, kita ga boleh jalan di situ.. musti jalan di lapisan terbawah jalan. Kalo gak, ditreakin suruh minggir! jadi kerjaan gue ma temen gue liatin bule-bule melintas di trotoar, sambil bilang, "Bentar lagi ditreakin nih" dan benar! hahahahah

President Palace
Address: sebelah Ho Chi Min Mausoleum, jalan kaki aja.. tapi siap-siap super panas banget!
Sebenernya gak ada yang spesial dari bangunan ini, cuma bagus aja buat foto hahah


Imperial catidal
Address: Quán Thánh, Ba Đình, Hanoi, Vietnam
Sok-sokan, mau muterin semua bangunan bersejarah dengan jalan kaki, pas sampe ke Imperial Catidal, "loh ini dimana sih? kok ga ada bangunan bersejarah atau kerumunan orang gitu ya.."
tapi banyak bus pada ngetem.. terus kayanya sih sempet lewatin pintu masuknya gitu terus tutup.. NAMANYA JUGA HARI SENIN! hahhaha

Sudah lelah jalan, akhirnya mutusin pakai GRAB lagi buat ke Temple of Literature (National University)

Temple of Literature (National University)
Address: Quoc Tu Giam Street, Dong Da District, Hanoi 100000, Vietnam
Transportasi: GRAB 20k VND dari Imperial Catidal
Entrance fee: 30k VND




Sebenernya ini tempat buat memberikan pendidikan kaisar gitu dulu, dan ini universitas pertama di Vietnam. Temple nya sendiri dibangun pada tahun 1070! Isinya kaya banyak banget kura-kura bawa buku hahahha. Kalau gak salah baca dan mengartikan yah, ini kura-kura itu kaya transportasi jaman dahulu.. jadi di atas kura-kuranya ditaro buku-buku buat dianter ke beberapa tempat.
(hmm sepertinya salah wakka!)

Secara keseluruhan sih tempat ini satu-satunya tempat yang buka di hari Senin asik buat dikunjungin, karena tempatnya adem banyak pohon gitu..

Next destination!

Hang Da Market
Address: Hàng Da, Cửa Đông, Hoàn Kiếm, Hà Nội, Vietnam
Transportasi: GRAB 18k VND
pas sampe, bahagia karena mau belanja.. pas masuk,
"LAH LAH LAH INI APA! KOK SEPI GINI!"
ini market tersepi BANGET yang gue kunjungi di Vietnam.. sampe keponya gue, gue naikin setiap lantai.. gak ada pengunjung sama sekali dong..
ini semacem pasar raya grande di melawai.. sesepi itu.. tapi jauh lebih sepi lagi..


K O S O N G G G G G !

St. Joseph's Cathedral
Address: 40 Nhà Chung, Hàng Trống, Hoàn Kiếm, Hà Nội, Vietnam
Transportasi: karena merasa tadi sia-sia mengeluarkan uang GRAB buat ke Hang Da Market, akhirnya memutuskan untuk jalan kaki ke sini hahaha!
Sejujurnya, jarak dari satu tempat ke tempat lain itu gak jauh-jauh banget.. karena ramainya Hanoi itu, ya deket-deket situ aja.. tapi kami sadar kalo kami perlu hemat tenaga dan juga GRAB super murah!
gue dan temen gue uda sepakat, setiap kota yang kami datangi di Vietnam, kami bakal datengin Cathedralnya haha!


Dalam perjalanan ke Katedral, sebenernya gue ketemu satu tour agent gitu buat ke Ha Long Bay (Day 2). Sebenernya selama di Jakarta uda ketemu tour agent oke, tapi pas hari pertama di Hanoi, tour agennya gak jadi oke karena gak ada kabar. Jadi supaya aman, langsung aja booking dan bayar di tempat. Gue ketemu satu tour oke dari satu hotel yang gue pun lupa nama hotelnya hahaha.
Pokoknya nama tournya itu Fansipan Tour (Fansipan katanya dari gunung tertinggi di Indochina). Milih tour di Vietnam itu harus hati-hati (di semua tempat harus hati-hati juga sih), tapi banyak banget scam scam penipuan gitu.. dan menurut gue Fansipan ini salah satu yang paling oke!
gue lumayan lama nego harga sama pihak hotel yang membantu penjualan paket fansipan tour ini.. mereka buka harga awalnya dari 50an USD, tapi mereka bilangnya lagi promo jadi 35 USD. terus gue ma temen gue nawar pake ala-ala Indo. nawar kabur dipanggil, kabur lagi, dipanggil lagi. sampe tiga kali kabur, tiga kali dipanggil gue rasa.. jadinya gue dapet 29USD (sekitar 600k VND, emang keliatannya cukup mahal, tapi kalo tau isi tournya pasti bakal ngerasa harga ini super worth it banget! Baca di [Vietnam] Day 2 - Ha Long Bay)

Dong Xuan Market
Transportasi: GRAB 20k VND
Ini baru market!! ini keren banget, jual berbagai macam sovenir, pernak-pernik, kopi, dll!


Bahn My
Price: only 15k VND!
randomly mau ngunyah.. akhirnya nemu di jalan! orangnya tau banget kalo beli satu bagi dua hahhaa


Hoan Kiem Lake
Transportasi: Jalan kaki dari Dong Xuan Market! Sempet perhatiin jalan ke Dong Xuan Market dan ngerasa super banyak toko kecil di pinggir jalan, jadi mutusin buat jalan kaki aja sekalian liat-liat, ternyata gak jauh loh ke sini (apa perasaan aja karena sekalian liat-liat dan beli Bahn My juga)

Danau ini sebenernya terkenal banget dengan danau kura-kura, tapi tahun lalu kura-kuranya baru meninggal.. GEDE BANGET!! Klik kalo mau liat gedenya kura-kura itu!

Pas lagi duduk di pinggir danau, tiba-tiba ujan super gede! akhirnya memutuskan untuk langsung ke Water Puppet Show, deket banget dari Hoan Kiem Lake!

Water Puppet Show
Address: 57b Đinh Tiên Hoàng, Lý Thái Tổ, Hoàn Kiếm, Hoàn Kiếm Hanoi, Vietnam
Fee: 100k VND

Apa sih Water Puppet Show?
Jadi kaya puppet show gitu, tapi bawahnya air..
Ini sih keren banget dan musti banget ditonton! keren banget sampe gue bingung kok orang-orang ini hebat banget bisa melakukannya.. dan gerakan puppetnya sungguh cakep!



Dong Thinh Nha Hang Mien Luon
Address: 87 Hang Dieu, Hoan Kiem District, Hanoi 10000, Vietnam
MUST EAT MIAN FRIED EEL!
Price: 65k VND
Kebayang gak sih, betapa banyaknya Bun Cha Dac Kim yang tadi brunch gue dan temen gue makan.. karena sampe malem pun, masih kenyang! ini kami makan dibagi dua!




Sebenernya saat hari ini selesai, baru jam 7 malem, sampe gue tanya temen gue,
"Lu kalo traveling, jam segini uda balik hotel?"
"engga sih.."
"sama sih.."
tapi gue dan temen gue uda memutuskan untuk udahan aja, karena super capek dan kami kurang tidur.. beruntungnya, pas masuk ke kamar, ujan gede banget!!

YEYYY akhirnya kelar hari pertama! Lanjut hari ke-2 yuk:
[Vietnam] Day 2 - Ha Long Bay

4 comments: