Tuesday, July 3, 2018

[Maldives] Mengupas paket open trip MURAH ke Maldives 7 jutaan! Beneran worth it?

Siapa sih yang gak seneng sama yang murah-murah?
tapi kadang mikir gak sih, apakah harganya too good to be true kah? apakah ada hal-hal tersembunyi kah, apakah ini hanya ZONK belaka kah..

setelah gue baca segala macam info, sekarang gue mau jelaskan sejelas-jelasnya apa sih yang akan kalian dapat kalau kalian ikutan open trip yang harganya 7 jutaan dan lagi rame di IG itu.. postingan ini gak ada maksud ngejelekin paket liburan murah itu ya.. gue cuma mau kasih info sejelas-jelasnya aja, supaya kalian tau apa yang bakal kalian dapat.. supaya kalian ga salah beli paket juga.. karna beberapa IG yang nulis super murah itu pada pinter.. mereka pakai foto di water villa.. orang langsung mikir kalo mereka bakal nginep di water villa.. bakal wow.. padahal percayalah, kalian masuk ke kamar di water villanya aja kaga dan gak akan pernah bisa (dengan catatan pakai paket 7 jutaan all in itu ya)..


Sekarang gw mau breakdown dua paket yang ramai banget di IG
(pastinya breakdown berdasarkan pemahaman gue.. yang bisa aja berbeda dengan pemahaman kalian :D)
PAKET PERTAMA

Murah banget guys
Open trip maldives 5D4N cuma 7Jutaan aja ALL IN!
Sudah termasuk:
* Tiket pesawat PP CGK-MLE
* Penginapan 4 hari 3 malam
* Makan
* Airport transfer
* Male city tour
* Sandbank trip
* Snorkeling
* Resort island visit
* Lunch buffet at resort
* Transfer to all activities
* Wifi
* All taxes & service charges

Kenyataan dan yang harus kalian perhatikan dari paket tersebut adalah:
  1. 5D4N. kenyataannya di hari pertama kalian akan sampai malam hari. kalian baru akan mulai beraktivitas di pagi hari keesokan harinya.. jadi sebenernya satu hari uda kepotong.. terus jangan salah, di hari trakhir itu sebenernya kalian uda pulang.. tapi masih diitung satu hari karena kalian belom sampai Indo. sekarang kalian liat lagi di bagian penginapan. tulisannya penginapan 4 hari 3 malam. jadi sebenernya emang cuma 4D3N. tapi supaya terkesan lama, 5D4N. gak mungkin kan gais kalian gak protes 5D4N kok dikasih penginapan yang 4D3N.. karna satu harinya itu emang gak pernah ada.. tapi dibuat sedemikan rupa supaya keliatannya ada.
  2. Tiket pesawat. itu airasia, tanpa bagasi. tiket air asia juga dibatasin. maksudnya mereka punya budget. misalnya maksimal 4 juta yang mereka bayarin. jadi kalo kenyataanya ternyata 4.3 juta, kalian harus nombok 300ribu,
  3. Penginapan. Penginapan di mana? yang pasti di local island, atau pulau penduduk. yang belom pasti, di local island yang mana? Hulhumale island kah? atau maafushi island? kalo hulhumale itu lebih murah daripada maafushi.. mungkin hulhumale sekitar 700k, maafushi bisa 1000k, pokoknya around 1 juta ke bawah atau 1 juta lebih dikit. untuk lebih pastinya kalian bisa langsung cek di AGODA. lengkap.
  4. Makan. Setau gue makan cuma dapat 5 kali. jadi kalian harus make sure berapa banyak makanan yang akan kalian dapat, dan kapan saja. Beberapa tour akan bilang "murah kok makan di sana, cuma 5 USDan aja.." -- ya sekarang pertanyaannya, berapa banyak kalian harus makan sendiri? kalo dua kali aja, uda 10 USD. dan 5 USD itu itunglah makanan paling murahnya, belom lagi kalo kalian mau makan yang sedikit menggoda, harus alokasikan lebih lagi.
  5. Hal-hal yang sebenernya jadi satu, tapi sama mereka di break down jadi dua point supaya kesannya BANYAK. Contohnya airport transfer sama transfer to all activities sebenernya sama aja, tapi supaya kesannya dapat banyak keuntungan, dipisah jadi dua point. Contoh kedua, sandbank trip dan snorkeling juga dua hal yang gak bisa dipisah.. kalian bakal selesaiin aktivitas tersebut bersamaan. Bahkan kalo kalian ambil paket terpisah, paket sandbank trip itu uda pasti ada snorkeling juga.. Sandbank itu apa sih? Sandbank itu cuma pasir nongol di tengah laut. gak mungkin banget kalian cuma ke sandbank aja, foto terus pulang.. karna kalo kaya gitu, gak sampe 30 menit juga kelar..
  6. Resort island visit sama lunch buffet juga satu kesatuan ga bisa dipisah. Nah kalian harus waspada resort island visit. resort mana yang akan kalian visit? resort itu artinya kalian cuma main ke resort aja, gak nginep. gue awalnya gak sadar.. jadi gue wow banget kok harganya bisa murah.. uda mau ambil yang kaya gini aja karna harganya jadi jauh lebih murah banget.. tapi dipikir-pikir kok miris banget cuma main ke resort seharian, kaya cuma buat foto-foto aja gitu? buat apa dahhhh.. dan visit resort jga gak murah loh.. sekali dateng bisa sekitar 100USD per orang.. belom transportnya lagi..

Jadi setelah di break down, harusnya iklan yang benar seperti ini

Murah banget guys
Open trip maldives 5D4N 4D3N cuma 7Jutaan aja ALL IN!
Sudah termasuk:
* Tiket pesawat PP CGK-MLE bagasi cabin 7kg
* Penginapan 4 hari 3 malam
* Makan
* Airport transfer
* Male city tour
* Sandbank trip & snorkeling
* Snorkeling
* Resort island visit & Lunch buffet
* Lunch buffet at resort
* Transfer to all activities
* Wifi
* All taxes & service charges

Tapi secara keseluruhan, gue melihat paket ini beneran hemat! karena 7 jutaan uda termasuk resort island visit.. karena ada beberapa paket yang harganya kurang lebih sama, tapi kalian harus nambah sendiri buat resort island visit.. kenapa kok bisa beda dan bisa nambah lagi?
alesannya jelas karena paket di atas nginepnya di Hulhumale Island yang satu pulau sama bandara. jadi masalah transport dan airport transfernya lebih murah.
sedangkan paket yang belum termasuk resort, biasanya nginepnya di another local island like maafushi. ke Maafushi aja uda 30 menit dari bandara. segalanya jadi lebih mahal, tapi ya pastinya maafushi lebih bagus (gue belom pernah ke sana sih, tapi denger-denger lebih bagus).

nah sekarang mari kita liat paket kedua yang banyak menggoda orang-orang juga..

PAKET KEDUA

* Flight Ticket PP KL-MLE (Harga tiket di cover IDR 3juta)
* Hotel di Pulau Maafushi yang lebih asik buat liburan, bukan di hotel kompleks Airport (Hulhumale)
* Pilihan Three Stars / Four Stars Hotel
* Speedboat yang besar & nyaman selama di Maldives
* Tour Leader dari Indonesia & Guide Lokal
* Meals (Breakfast, Lunch, Dinner)
* Dokumentasi Underwater & Drone
* Beach Floaties & Picnic
* Snorkeling (include snorkeling gears), Dolphin Cruise, Sandbank Trip, Male City Tour, & aktivitas lain nya

Untuk kamu yang berdomisili di JKT, bisa ambil paket dengan Flight PP JKT-MLE: IDR 8,699,000 (Harga tiket di cover IDR 4juta)

ITINERARY
DAY 01
Berangkat dari Jakarta jam 11.30 (transit di Singapore)
Flight ke Maldives dari Singapore pukul 19.15
Tiba di Maldives jam 20.50
Speedboat Transfer ke Pulau Maafushi (25 menit)
Check in Hotel & Free Time

DAY 02
Breakfast
Snorkeling 2 Spots: Banana Reef, Turtle Dive / Biyadhoo Garden
Mengunjungi Sandbank & Picnic Lunch di P. Gulhi
Menyaksikan spot lumba – lumba pada sore hari
Free Time
Buffet Dinner & Live BBQ di Arena Beach Hotel (Standard 4 Stars)

DAY 03
Breakfast
Free Time di Sekitar P. Maafushi atau Day Trip ke Resort
*Buffet Dinner & Live BBQ di Arena Beach Hotel (Standard 4 Stars)
info:
Day Trip ke Resort adalah program opsional tambahan. Fitur ini akan memberikan kamu akses masuk resort dari pagi hingga sore, menikmati fasilitas resort, buffet lunch dengan view resort, dan mengikuti aktivitas yang di tawarkan oleh resort. Untuk tambahan harga, cek pricing.

DAY 04
Breakfast
Main Paddleboat & Canoe
Check Out
Male City Tour
Flight ke Singapore jam 21.50
Tiba di Singapore jam 05.55 (+1) dan tiba di Jakarta jam 09.15 (+1)

Kenyataan dan yang harus kalian perhatikan dari paket tersebut adalah:
  1. Kalian akan nginep di Maafushi, bukan di Hulhumale. Pemandangannya mungkin akan lebih bagus, tapi harus diperhatikan juga kalau perjalanan ke Maafushi memakan waktu kurang lebih 30 menit. dan laut maldives itu ganas. 
  2. Day trip to resort belom termasuk biaya. jadi kalian harus nambah sendiri dan biayanya bisa sampai 2jutaan sama transport. itu cuma day trip ya gais.. bukan kalian nginep. jadi kalian cuma bisa foto aja.
  3. Beach Floaties & Picnic. Kok semakin kesini gw semakin miris, kaya ban gini aja dimasukin.. ini kan lebih ke arah cuma buat foto doang.. kecuali mereka sediain beach floaties for every single person. apakah emang masyarakat indo skarang lebih mentingin foto daripada enjoy the moment? 
  4. main paddleboat & canoe itu gratis dari hotel gaes.. jadi jangan seneng dulu kalo dapat itu dari paket ini.. pokoknya kalo water sportnya gak pakai motor, itu gratis. kalian harus bahagia kalo yang gratis itu banana boat. karna banana boat gak gratis secara itu ditarik pake motor. (yakali masih main banana boat ya, jadul amat gua). Di maldives itu banyak banget water sport, coba aja kalian nego dikasih gak yang free pakai motor. harusnya sih ga dikasih haha. oiya bahkan ada yang gratis lainnya, sepeda.
  5. di atas dibilang kalo meal kalian bakal dapet breakfast, lunch, dinner. pas liat itinerariesnya, hari ke empat aja kalian cuma dapat breakfast padahal kalian pulang malam. perhatikan detail ya gaes!
NAH JADII...
Jadi intinya, kalian harus lebih cermat dalam setiap pilih paket..
sesuaikan dengan kebutuhan juga.. kalian ke Maldives mau enjoy the moment, atau mau foto-foto aja? dan menurut gue, maldives itu khas banget sama resortnya..
jadi sebisa mungkin jangan cuma day trip aja.. karna feelnya beda banget.
kecuali kebutuhan lu ke Maldives cuma buat foto-foto buat feeds aja ya..

sekarang sekalian perbandingan kalo day trip aja, sama beneran nginep:
yang kalian bisa lakukan ketika day trip:
berenang
foto ala-ala di water villa
menikmati pantai














yang kalian gak bisa lakukan ketika day trip:
santai di kamar
enjoy the moment
foto abis bangun tidur
melihat sunrise
foto pas mau gelap
merasakan sunset















jadi sekarang tergantung kalian mau enjoy the moment, atau enjoy the photos. kalo enjoy the moment beneran harus banget stay di resort, dan ga bisa ambil paket yang 7 jutaan all in.
kalo budget terbatas dan cuma mau liat aja water villa tuh kaya apa sih, ya gapapa juga ambil yang day trip.. hihi.. tinggal balik lagi semuanya ke kalian :D

Nah sekarang gue mau bahas tentang Fakta tersembunyi di balik keindahan Maldives:

No comments:

Post a Comment