Tuesday, July 3, 2018

[Maldives] Tips & Tricks ke Maldives

Kali ini gue mau berbagi tentang tips dan trick ke Maldives ala gue yang mungkin bisa berguna buat kalian yey! Inget ya, ini ala gue. jadi bisa saja berbeda dengan ala orang lain..

PENGINAPAN
Buat kalian yang memilih untuk gak nginep di water villa, tapi mau banget liat water villa itu kaya apa, kalian bisa juga untuk "Day trip to resort". tapi ini juga gak semua resort bisa dikunjungi, karena resort itu pengertian sesunggunya ya private island. beberapa resort stay private dan ga menerima day trip.
Akan tetapi, day trip to resort. gak murah juga..
rata-rata harga one day trip to resort itu sekitar 100 USD. Bayar segini, kalian bisa mulai explore resort dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, menggunakan semua fasilitas resort dari gym, jacuzzi, water sport, swimming pool, snorkeling, dll. kalian nanti bisa request shower room juga buat kalian mandi.
kalian juga bisa dapat lunch buffet. tapi kalian gak bisa pakai fasilitas kamar ya..
harus diingat, 100 USD itu baru tripnya aja.. masalah transport belum tuh.. dan transportnya gak murah. lagi-lagi harus 150 USD. tapi kali ini boleh joinan sama yang lain.

Jadi sebenernya 150 USD ini satu speedboat sekali jalan. jadi kalau kalian bersepuluh, kalian cuma bayar 15 USD aja.. karna patungan rame-rame (lagi-lagi inilah alesan kenapa open trip IG IG bisa murah, karena dari transport pun mereka dibagi ramean) tapi beberapa resort ada juga yang uda fix transport 40 USD perorang. pokoknya resort di Maldives banyak banget macemnya dan setiap resort gak selalu sama.

ALTERNATIF PENGINAPAN LAIN
selain one day trip, ada juga alternatif lainnya, kalian bisa nginep di resort yang adalah private island, tapi gak di water villa. kalian nginep di beach bungalow (depan beach persis), atau di garden villa (ya kanan kirinya pohon). harganya juga bisa jauh lebih murah. beach bungalow bisa sekitar 2-5 juta, garden villa bisa 2-4 juta. lagi-lagi, per malam ya gaes. Tapi kalian tetep bisa pakai fasilitas resort dan foto-foto di water villa kaya one day trip gitu.
pokoknya kalau kalian ga bisa di water vila, seengganya kalian harus stay one night di resort.. entah di beach bungalow atau garden villa.. harus.. karna beda banget.. pelayanannya beda banget.

PENGINAPAN MAU MURAH?
Kalo mau murah, kalian harus nginep di pulau penduduk. Pulau penduduk bukan berarti nginep bareng penduduk kaya home stay gitu ya.. banyak juga hotel di pulau penduduk. Ke pulau penduduk ada public transportation jadi murah.. sekali jalan kurang lebih 3USD. Water villa itu lokasinya di private island, jadi kalian harus naik private boat yang sekali jalan bisa 150USD. Makanya mahal, karena perbandingannya juga jauh.

Nginep di pulau penduduk sangat murah.. 600ribu semalem pun dapet.. tapi kalo di water villa? 6juta sehari pun belom tentu dapet.. Water villa tuh banyak banget macemnya, yang semalem 50juta juga ada. Tenang aja gais kalo kalian mau buang duit, buang lah di maldives! Ato buang ke tas gue juga boleh..

BETTER PAKAI TOUR
Sebenernya gue bukan tipe yang memilih untuk diurusin tour. Gw lebih memilih untuk urus semuanya sendiri. tapi untuk ke maldives ini beda. gue lebih milih diurusin tour karena terkait transport. Inilah salah satu faktor terbesar gue buat milih diurusin tour aja.. karena ribet banget masalah transport ganti" pulau.. jadinya kalo diurusin tour, terserah mereka yang penting gue sampe. dari naik public ferry, speedboat, private ferry, transportasi darat tuktuk, taksi, private car gue uda rasain semua dan tour yang arrange semua transportnya yey! dan gw highly recommend @maldivesparadiso sih..

JANGAN LUPA BAWA RECEH
meskipun mereka mungkin gak ngarep tips,
tapi bolehlah kalian bawa receh.. awalnya dibilangin tipsnya pakai USD. tapi gue gak ada USD receh.. akhirnya waktu itu ketemu orang filipin. dia kasih tips pakai SGD! akhirnya gue selama di sana kasih RINGGIT HAHA. Sekali kasih bisa 10 sampai 15 ringgit.
terus baru kepikiran, bener juga ya.. buat tips mah bebas. mau kasih ringgit juga gapapa karna mereka bisa tukerin lagi kan di money changer. kalo kasih rupiah sih gue ga tau ya, karna rupiah rada susah dituker biasanya hahah

JANGAN LUPA BAWA MAKANAN
Nah ini sebenernya buat jaga-jaga aja.. kemarin ketika gue bayarnya cuma Half board, gue uda siapin super banyak makanan.. gue siapin mie instan, susu, keju, cereal haha
ternyata gua dapet full board dan gak dibutuhin. kampryet.
jadi penting banget makesure kalian bakal dapet meal plan yang mana.
terus gue kmarin bawa minum juga HAHA
gue beneran bawa air mineral 1.5 liter 3 botol!!
karna 1.5 liter di Maldives 2 USD setara 28rebu!
lumayan kan gua bawa 3 botol.. toh koper kosong juga..
pas pergi koper gue 27 kilo, pas pulang jadi 21 kilo aja karna persediaan makanan dan lainnya uda abis hahaha
saran gue kalian bisa bawa, bubur instan, mie instan, minuman, abon, energen.
tapi ini terserah kalian lagi ya.. kalo kalian mau makan di sana yagapapa juga.. karna kalo makan di local island murah kok.. 8 USD uda bisa kenyang sampe malem..
tapi kalo di resort, 8 USD cuma dapat sushi telor 2 pcs. kecuali kalian uda ambil paket sama makan full board ya, ga usah bayar apa-apa lagi di resort
wa bisa kurus lama di sana tak bawa makanan tambahan..

PERHATIKAN MEAL PLAN BB, HB, FB
Nah ini yang wajib kalian perhatikan.. kalian dapat BB, HB, atau FB
BB: Bed & Breakfast
HB: Half Board (Breakfast & Dinner)
FB: Full Board (Breakfast, Lunch & Dinner)
Bahkan beberapa resort yang lebih mahal, Full board uda termasuk minum sepuasnya, termasuk alkohol. WOW! Tinggal kalian perhatikan saja baik-baik paket kalian yang mana.

KALO BISA BAWA GEAR SNORKELING DAN JUGA PELAMPUNG
Gue kemarin ga bawa, jadinya ga bisa snorkeling setiap saat hiks karna harus bayar buat minjem per harinya. tapi ini setiap resort beda beda ya.. ada juga yang emang uda disediain hihi..
Pelampung sih beneran kudu bawa.. enak banget bangetan ngambang di laut hahah

JANGAN AMBIL CORAL
ini pelanggaran hukum gaes.. kalian nanti dipenjarakan :(
dan sebaiknya jangan ambil pasir juga. kalo kalian ambil satu kantong plastik hitam, bayangkan ada 100 orang kaya kalian.. pasirnya abis lama-lama.. :(

BAWA BAJU BANYAKAN
gue sebenernya uda bawa baju banyakan karna gak open PO kan
tapi tetep aja baju gua kurang.. sampe dua hari terakhir gue pakai baju yang sama hahaha
kaya basah aja gitu semua baju gue.. sampe heran hahaha

BAWA CONDITIONER
ini benda wajibbbbb.. gapapa kalian gak bawa sabun cuci muka, tapi conditioner is a must!! resort sekalipun gak ada conditioner.. mereka gabung gitu shampoo sama conditioner, manfaatnya juga gak maksimal jadinya.

MALE CITY TOUR
kalian bisa banget buat request FREE MALE CITY TOUR
soalnya ini murah banget.. dan ketika tour di Male island, kalian akan full jalan kaki dan gak pake transportasi.. full kalian jalan doang.. dan public ferry ke male city juga murah.
Kemarin ini sebenernya gue gak dapet Male City Tour, tapi gue request dan akhirnya dikasih yey!

AMBIL ROTI PAS BREAKFAST
pas breakfast, kalian harus ambil beberapa roti.. entah kalian breakfast di local island atau di resort. karna rotinya itu bisa kalian pakai buat kasih makan ikan!! gemes kann!

JANGAN LUPA JEMUR BAJU
sebenernya ini tertulis diperaturannya ga boleh jemur baju karna takut mengganggu keindahan resort hahha.. mereka uda sediakan di kamar mandi gantungan baju.. tapi yakale coy dikira gua seminggu  kali di resort.. MANA KERING JEMUR DI KAMAR MANDI! dan berat banget koper kalo kaga dikeringin dulu bajunya.. eh? apa ada yang mau oleh-oleh air laut Maldives ya hahaha..

kira-kira begitu tips dari gue hhahah