Tuesday, July 3, 2018

[Maldives] Fakta tersembunyi di balik keindahan Maldives

YAK! Beneran gak pernah kepikirian dan gak pernah ngerencanain sama sekali sampai akhirnya bisa ke maldives!! Kebeli tiket Maldives sebenernya uda dari Januari 2018, tapi baru terbang Juni 2018,
Kurang lebih lima bulan cari segala macam info Maldives dari A sampe Z..

FAKTA MALDIVES VERSI GUE
(CAUTION: bisa saja berbeda dengan versi yang lain)

FAKTA PERTAMA
Maldives itu terdiri dari banyak banget pulau.. persis kaya pulau seribu.. bahkan airport dan ibu kotanya beda pulau! Penginapannya juga beda pulau. Jadi kalau mau dimisalkan pakai pulau seribu,
airport ada di Pulau Tidung, ibu kota ada di Pulau Pramuka, penginapan ada di Pulau Harapan, Pulau Macan, Pulau Bidadari, dan sekitarannya.

FAKTA KEDUA
Ada beberapa local island yang merupakan pulau untuk penduduk di Maldives. Beberapa di antaranya yang paling terkenal:
- Hulhumale: airport terletak di pulau ini, dan masih  banyak banget pembangunan hotel-hotel di pulau ini.. kalau kalian nginep di sini, kalian gak perlu boat buat nyebrang pulau dari bandara.
- Male City: ibu kota yang sangat kecil, bahkan dengan jalan kaki kalian bisa muterin ibu kotanya. ke sini sekitar 10 menit menggunakan public ferry dari airport.
- Maafushi: pulau pertama yang memperkenalkan guesthouse ke tourist dan promosiin local toursim. nah, kebanyakan budget travel ke Maldives itu nginep di sini atau Hulhumale. ke sini juga harus pakai public ferry dari Male City sekitar 30-40 menit.

FAKTA KETIGA
Maldives itu murah, yang mahal water villanya.. Sekarang banyak banget paket open trip di IG IG murah banget.. percayalah, itu gak nginep di water villa. Mereka bawa kalian nginep di local island. Bahkan kalau dari awal kalian cuma mau di local island, kalian bisa dapet harga jauh lebih murah lagi daripada open trip IG IG kalo kalian mau rempong dikit dan urus semuanya sendiri..
atau kalian bisa ke @maldivesparadiso atau UI Maldives untuk harga yang cukup bersaing.
tapi balik lagi, setiap paket yang ditawarkan pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. tinggal kalian cermat dalam memilih

FAKTA KEEMPAT
Rata-rata water villa itu harganya kurang lebih sekitar 10juta per malam. yang 40 juta per malam juga ada. yes, per malam. tenang aja gaes kalau mau buang duit, buanglah di Maldives. 
Di samping harga kamarnya juga udah mahal, water villa adanya di resort yang merupakan private island. Nah, transport ke private island gak ada public transportation kaya public ferry. Jadi kalau menggunakan public ferry ke local island cuma menghabiskan 2-5 USD, kalau ke private island harus pakai private speedboat seharga 150 USD satu orang. yes, lagi-lagi per orang ya gaes.. bukan per boat. sebenernya 150 USD itu persekali jalan. tapi kalian diasumsikan pergi berdua, dan akan menggunakan boat untuk PP, jadi langsung di charge 150 USD. harga ini sebenernya masih kurang lebih rata-rata, ada juga yang lebih murah (gak murah-murah banget juga sih), dan bisa juga lebih mahal kalau private island kalian jauh dan mengharuskan menggunakan pesawat.

FAKTA KELIMA
Hulhumale Island yang merupakan pulau dimana bandara berada, ternyata dibuat dari tumpukan pasir. Sebelumnya pulau ini sudah ada, tapi gak segede sekarang. Maldivian mulai menambah tumpukan pasir agar pulaunya jadi besar. Pulau ini juga lagi banyak banget pembangunan


FAKTA KEENAM
Maldives itu bukan buat honeymoon aja! kecuali otak lu selangkangan doang yang setiap denger kata honeymoon, langsung mikirin pasangan atau selangkangan.. Banyak banget keluarga keluarga yang menghabiskan waktunya di maldives. Bahkan pesawat ke Maldives banyak anak-anak kecil.
Bahkan kasur gue twin semua. Maldives sama kaya tempat holiday lainnya kok. Bisa buat peer group, bisa buat family time, dan gak cuma buat honeymoon.


FAKTA KETUJUH
High Season di Maldives terletak di bulan MARET. Jadi bulan maret itu bulan paling mahal kalo mau ke Maldives. Katanya, bulan Maret bulan paling kering di maldives dan cuacanya super bagus..

FAKTA KEDELAPAN
100% penduduk maldives adalah muslim. Sehingga kalau hari Jumat, public transportation itu tutup.
Bahkan toko-toko juga akan tutup, dan buka serentak setelah sholat Jumat.

FAKTA KESEMBILAN
Mata uang di Maldives itu Rufiyah. 1 Rufiyah sekitar 900 Rupiah. Rufiyah denger denger cuma dijual di Maldives. Tapi tenang aja, kalian boleh bayar pakai USD.
Resiko bayar USD, kalau ada centnya dibuletin ke atas. yah.... sudah.

FAKTA KESEPULUH
Film Moana benar adanya kalau ada dua tipe laut, laut tenang dan laut ganas. Di sekitar resort itu laut tenang, tapi setiap resort atau pulau akan ada batas batu, dan setelah batas tersebut lautnya akan ganas. Beneran gede banget ombaknya.. ini perbatasan lautnya, dan terlihat di sebelah ujung sana lebih gelap warnanya dan air mulai tak tenang.


FAKTA KESEBELAS
Free internet di Airport menggunakan Ooredoo. Bukan berarti Indosat Ooredoo bisa bernapas lega.. para pengguna Indosat, kalian tetep aja harus  kena roaming yang gila juga hahahha. Tapi gue pernah denger katanya klo kartu kita ga terdaftar di suatu negara, kita tetep bisa pakai tapi jatohnya jadi roaming satelit gitu.. pakai satelit dunia. biasanya buat yang ditengah laut gini.. dan emang pakai satelit dunia itu mahal banget hahah


FAKTA KEDUA BELAS
Yak KBRI cuma ada di Sri Lanka.. Sri Lanka - Male kudu pakai pesawat dulu 1 jam 25 menit.
jadi jangan ilang paspor di Maldives ya gaes.. ribet lu ke KBRI nya.. ya masa pake getek..


Jangan lupa baca
[Maldives] Tips & Trick ke Maldives

FREE WALLPAPER BUAT KALIAN

No comments:

Post a Comment