Wednesday, June 27, 2018

[Maldives] Day 1 - Male City Tour

Kali ini gue akan share tentang itineraries gue selama di Maldives. yuk disimak baik-baik.....

Pada kepergian ke Maldives kali ini, gue mengambil penerbangan AirAsia 01.50 dari CGK, transit di Malaysia sekitar 4 jam (pas banget gue laper jadi bisa sarapan haha).
Lanjut lagi dari Malaysia sekitar jam 8 pagi (maap masalah jam-jam gue gak apal bener).
tapi yang pasti gw sampe di Male sekitar 09.50 pagi.
karena Male-KL beda 3 jam lebih lama, jadi kesannya gw cuma jalan 2 jam aja di jalan. padahal hampir 5 jam.

Sesampainya di Male, yaampun gue berasa di bandara Bali versi lamaaa. Bandaranya masih old fashioned banget. imigrasinya pun terkesan design lama punya (lah ini baju ato bandara dah haha).
setelah ambil bagasi dll, ternyata uda jam 11 siang.

gue keluar dan uda ada orang yang jemput gue dengan tulisan UI Hotel.
yak, di hari pertama, gue nginep di Hulhumale Island, yang satu pulau dengan bandara. Jadi gue pun dijemput dengan mobil, gak perlu naik boat ke penginapan.

Kesan pertama sampai Maldives,
"YAAMPUN AIRNYA BERSIH BANGET!! BIRU BANGETT! lebih bersih dari air kamar mandi rumah gue."
Ini tepat di depan Velana International Airport

Di depan pintu keluar, banyak banget tour tour yang uda siap menyediakan paket-paket excursion:

Gue langsung menuju ke mobil, untuk dibawa ke UI Hotel.

Hulhumale Island itu masih banyak banget pembangunan-pembangunan yang dilakukan.. bahkan keliatan banget kaya rusunawa di Jakarta haha..
karena ternyata gue belom bisa checkin ke UI hotel, jadinya gue makan dulu tepat di sebelah hotel.
makanan di Hulhumale Island murah! kenapa gue bisa bilang murah? karena makan di resort, dengan harga yang sama, cuma bisa dapet sushi tamago (telor) pake nasi, dua pcs.. yak! tamago 2 pcs 8 USD.

Ini sebagai referensi harga buat kalian:

dan ternyata porsinya super banyak banget. jadi gue bungkus buat makan malem.
gue makan Mas Huni (Makanan khas Maldives, dan selama di Maldives pasti ada aja ni makanan).
Mas Huni itu ikan tuna di suir, terus di kasih kelapa parut ditumis.. enak.
terus nasinya! selama gue di Maldives, gue selalu makan nasi tipe briyani gitu.. DUH ENAK BANGET!! Nasinya panjang-panjang gituuu

Mata uang di Maldives sebenernya pake Rufiyah (kita Rupiah)
tapi kalian bisa bayar pake USD. dibalikinnya juga pake USD

Setelah makan, gue juga sempet ke belakang UI Hotel yang adalah pantai. Kalian bisa main canoe for free juga loh di sini.

Jam 13.00 akhirnya gue bisa masuk kamar. Kira-kira beginilah penampakan kamarnya, masih baru sih menurut gue
Sebenernya hari ini mau Snorkeling aja.
tapi ternyata uda kesiangan buat snorkeling. Jadinya hari ini ditawarin untuk Male City Tour dan gratis yey!

MALE CITY TOUR
pertama-tama naik mobil pribadi ke pelabuhan buat naik public ferry ke pulau Male. Ada satu guide yang nganterin ke pulau Male, terus di pulau Male ada another guide yang bakal ajak keliling-keliling kota Male.

Sesampainya ke Pulau Male, kesannya PADAT
lebih modern dari Pulau Hulhumale. tapi tetep gak modern modern amat. hahaha

FAKTA KOTA MALE
1. Agama
100% penduduk Maldives itu muslim. Beneran 100%. wow!
Penduduk asli sangat taat agama.. Setiap jumat toko toko pada tutup.. public transportation pun libur. Jadi kalo kalian emang beneran kepepet harus naik perahu, kalian harus naik private speedboat seharga 150 USD

2. Pakaian
Kalo kalian ke kota, harus pake pakaian sopan.. tapi kemarin beberapa ada yang pakai croptop juga sih.. tapi ya kalo gue kayanya risih aja diliatin penduduk lokal hehe. bahkan kalau kalian ke pantai di kota, gak semua pantai ngebolehin pakai bikini.. ada yang namanya bikini beach, tapi sepertinya cuma ada di Maafushi Island aja. Bisa kalian liat pakaian wanita di Male Island, ketutup dari atas sampai bawah.

3. Lingkungan
Sebersih-bersihnya Maldives, bisa kotor juga dan ini satu-satunya tempat kotor di Male yang gue liat:

tapi sisanya masih super bersih! masih super bening airnya!

4. Transportasi
Banyak banget motor berkeliaran.. dan plat number buat transportasi di sana gampang banget buat diinget
Plat G itu buat Government
Plat C buat Company
Plat P buat Public
Plat T buat Taxi

5. Pohon
Di Male Island, cuma ada satu pohon, pohon mangga!
Penduduk dapat pisang, dan buah" lainnya dari another local island.
Ada satu pohon yang keliatannya kaya nangka, tapi ternyata itu masih satu family dengan nanas. ayo yang mana kalian tau ga?

6. Tuna
Male salah satu penghasil Tuna, dan mereka bisa import ke Jepang. WOW! Mereka juga ada pasar ikan..

7. Souvenir
Banyak toko souvernir di sini, dan cara jualan mereka cukup pintar.

Mereka tulis harga yang beneran malah banget banget banget, terus mereka akan bilang, "tenang aja kita bakal kasih lu diskon banget.." contohnya magnet dari 30 USD aja bisa jadi 5 USD wkwkwk kan gila..
tapi souvernirnya ada yang beneran ngasal banget.. jadi kesannya semua barang dijual lagi dengan ditambahin tulisan Maldives. kan gak gitu juga :( gue juga bisa buat di rumah ah ntar..

Souvenir paling mahal sepertinya blue coral, bisa sampai 300 USD. Blue coral katanya paling terkenal dari Maldives, dan souvenir blue coral yang dijual asli.. bukan palsu.. karna di Maldives gak boleh jual yang palsu gitu.

8. Crime
tingkat crime di Maldives 0%!!! WOW!!

9. Bangunan bersejarah
Banyak banget tempat yang bisa dikunjungin, dan gak semuanya bersejarah sih.. soalnya masih ada yang digunakan sampai sekarang juga.

Banyak banget Masjid di sini, ada dari yang kecil
Hukuru Miskiiy (Old Friday Mosque), Grand Friday Mosque, Islamic Center
Presidential Palace
Jumhooree Maidhaan
Ini semacam public square
Public square banyak burung dara haha
Victory Monument
10. Produk Impor
Di kota Male, ternyata banyak produk impor dari INDONESIA! dari susu sampe detergent, penduduk Maldives suka menggunakan produk Indonesia. Bangga gak!! haha

Setelah keliling kota Male, akhirnya Male City Tour berakhir sekitar jam 18.00

dan gue kembali ke UI hotel menggunakan public ferry, dan dijemput kembali menggunakan private car dari UI Hotel. Sesampainya di UI Hotel, sempat main dulu ke pantai, tapi gak berapa lama, lalu kembali ke kamar, beres", mandi, dan tidur hahha
karena cape banget dan percayalah di Hulhumale Island gak ada yang bisa diliat..
rata-rata masih banyak pembangunan gitu..

Yuk lanjut hari ke dua, snorkeling dan pindah ke Paradise Island Resort!